Diguyur Hujan Deras, Beberapa Wilayah Diterjang Longsor di Kabupaten Tasikmalaya, Ini Laporan BPBD

Kamis, 11 Agustus 2022 11:06 WIB

Share
Diguyur Hujan Deras, Beberapa Wilayah Diterjang Longsor di Kabupaten Tasikmalaya, Ini Laporan BPBD
Kendaraan Elf terkena material longsor di Kampung Leuwihieum Kecamatan Salopa Kabupaten Tasikmalaya. (foto: Kris)

TASIKMALAYA, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Hujan deras yang mengguyur selama tiga hari terakhir menyebabkan beberapa wilayah di Kabupaten Tasikmalaya mengalami bencana alam seperti tanah lngsor, pergerakan tanah, hingga air meluber ke jalan.

Sekretaris Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, Irwan, mengatakan, akibat hujan deras yang terjadi selama tiga hari ini menyebabkan 20 titik longsor di beberapa kampung dan Desa.

Antara lain di Kampung Talegong Desa Mandalawangi, Kampung Cilembang 1 RT 04/04, Desa Karyamandala, Kampung Leuwihieum Kampung Kalanganyar RT 03/04, Desa Mandalahayu Kecamatan Salopa, Sindanghurip Desa Singajaya Kecamatan Cibalong, Mekartanjung Desa Cayur, Sindangasih, Bungursari blok Dalum dan Tenjolaya Desa Mulyasari, Parung Bolong Lengkong Barang, Kecamatan Cikatomas.

Kemudian di tujuh Kecamatan yang terkena dampak longsor dan banjir yakni Kecamatan Salopa, Cikatomas, Bantarkalong, Bojongasih, Jatiwaras, Cibalong dan Pancatengah.

"Tadi pagi sekitar pukul 04.00 WIB terjadi longsor susulan terjadi di Kampung Leuwihieum Kecamatan Salopa dengan panjang longsoran sekitar 10 meter dengan ketebalan 3 meter," kata Irwan, Kamis (11/8/2022).

Akibat longsor susulan ini, menurut dia, jalan masih tertutup  total oleh material longsoran, karena ketebalan longsoran mencapai 3 sampai 4 meter. "Arus kendaraan yang menuju lokasi untuk sementara dialihkan ke jalan Cibalong dengan rata-rata waktu sekitar 2 jam lebih," ucapnya.

Sementara untuk longsor yang terjadi kemarin, tambah Irwan, sudah dievakuasi hingga pukul 23.00 WIB malam tadi dengan menerjunkan alat berat dan dibantu Tim  relawan Kabupaten Tasikmalaya. "Evakuasi untuk menyelamatkan 10 penumpang di kendaraan Elf yang terkena material longsor," katanya.

"Untuk kerugian materil belum dapat kami hitung karena masih banyak pendataan para relawan di lapangan dan belum kami simpulkan. Sementara laporan korban jiwa tidak ada, namun belasan warga terdampak dan terpaksa diungsikan sementara ke lokasi yang lebih aman," jelasnya.

Proses evakuasi BPBD menerjunkan 2 unit kendaraan tanki berikut penyemprot ke lapangan untuk membersihkan material longsoran hingga menyelamatkan warga ke tempat lebih aman. (Kris)***

Komentar ditutup untuk berita ini.