Indonesia Ditantang Vietnam di Final Piala AFF U16,  Inilah Jadwalnya

Kamis, 11 Agustus 2022 06:26 WIB

Share
Indonesia Ditantang Vietnam di Final Piala AFF U16,  Inilah Jadwalnya
Timnas Indonesia U16 melaju ke Final Piala AFF U16 usai kalahkan Myanmar lewat drama adu penalti. (foto laman pssi)

BANDUNG, JABAR.POSKOTA.CO.ID

Nabil Asyura antarkan Indonesia memenangkan laga kontra Myanmar di semifinal Piala AFF U16 2022 dalam laga yang berlangsung di stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu 10 Agustus 2022, pukul 20.00 WIB.

Dengan kemenangan ini, Indonesia layak masuk final. Lawannya Vietnam. Karena beberapa jam sebelumnya, di stadion yang sama. Berhasil kalahkan Thailand dengan skor 2-0. Laga akan berlangsung Jumat 12 Agustus 2022.

Skor di laga Indonesia kontra Myanmar secara keseluruhan 6-5. Adu penalti Indonesia dapatkan 5 gol dan Myanmar hanya 4 gol. Sementara di waktu normal pertandingan, skornya 1-1.

Sesuai regulasi Piala AFF U16 2022, bila dalam waktu normal, pertandingan berakhir dengan skor sama, pemenangnya langsung ditentukan lewat adu penalti. Alias tanpa, ekstra time.

Myanmar lebih dahulu unggul, berkat sepakan Nay Min Htet berhasil merobek jala timnas Indonesia U16 pada menit ke-43. Indonesia baru bisa membalas gol itu di babak kedua, tepatnya menit ke-70 melalui tendangan bebas M Riski Afrisal.

Ulasan Pertandingan

Seperti biasa Garuda Muda langsung tampil menyerang, dengan formasi 4-3-3. Tujuannya mendapatkan gol secepat mungkin sebagaimana ciri khasnya.

Peluang pertama hadir di menit keempat lewat situasi set piece. Muhammad Sultan Akbar melepaskan tendangan bebas langsung ke arah gawang Myanmar, tetapi bola sepakannya itu masih bisa dihalau pemain belakang lawan.

Satu menit kemudian, Riski Afrisal melakukan tendangan jarak jauh dengan kaki kiri, powernya oke tapi belum akurat.

Keenakan menyerang, Garuda Muda lalai, pada menit ke-11 gawang yang dijaga Andrika Fathir Rachman nyaris kebobolan.

Kesalahan koordinasi pemain belakang timnas Indonesia U16, dimanfaatkan Shine Wanna Aung untuk melepaskan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti.

Beruntung kiper jebolan PS Bina Taruna Pulogadung Jakarta Timur ini, berada di posisi yang tepat, untuk menghalau bola.

Di menit ke-16, Garuda Muda nyaris mendapatkan gol, sayang tandukan Arkhan Kaka Putra yang mendapatkan assist dari tendangan bebas Kafiatur Rizky di sisi kanan, masih melebar.

Di menit ke-20, giliran Sulthan Zaky yang coba menanduk ke gawang Myanmar setelah mendapatkan umpan silang dari rekannya, sayang tandukannya, mumbul, ke atas mistar gawang Myanmar yang dijaga Sai Thi Naing.

Timnas Indonesia U16 memang terus menekan, tetapi lini pertahanan Myanmar terlalu kuat. Banyak pengamat menilai, Myanmar memainkan strategi parkir busnya susah dilewati.

Selain itu, Garuda Muda juga masih terlalu nafsu atau terburu-buru dalam melakukan build up dari belakang.

Pada menit ke-39, lagi-lagi Arkhan Kaka Putra coba menggetarkan gawang Myanmar lewat tandukannya tetapi lagi-lagi gagal, masih melebar.

Keenakan menyerang, pada menit ke-43, gawang Indonesia kebobolan. Eksekutornya adalah Nay Min Htet. Skor tetap 0-1 sampai peluit berakhirnya, babak pertama ditiup wasit.

Kalah satu bola, di babak pertama pelatih Bima Sakti melakukan perubahan pemain. Dua pemain cadangan, langsung dimasukkan sekaligus dia adalah Muhammad Ridho Al Iksan dan Figo Dennis Saputrananto.

Yang digantikannya adalah Habil Abdillah dan Narendra Tegar Islami.

Timnas Indonesia U16 mendapatkan peluang pertamanya di menit ke-57 babak kedua lewat sundulan Arkhan Kaka Putra. Akan tetapi, tandukan Arkhan lagi-lagi nggak akurat. Bolanya melambung ke atas mistar gawang.

Setelah berulang kali mendapatkan peluang, Indonesia akhirnya berhasil mencetak gol penyeimbang kedudukan, lewat tendangan bebas M Riski Afrisal di menit ke-70.

Tendangan pemain dengan nomor punggung 25 ini, melengkung indah dan menggetarkan jala Myanmar yang dijaga Sai Thi Na Niang. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Lima menit jelang waktu normal pertandingan berakhir, Garuda Muda mengancam lewat tendangan jarak jauh Muhammad Kafiatur, tetapi tendangannya masih melenceng.

Tiga menit berselang, giliran Nabil Asyura yang melesakkan tendangan akrobat dari dalam kotak penalti, sayang bolanya membentur tiang gawang. Sampai peluit panjang dibunyikan tak ada lagi tambahan gol.

Hasil adu penalti Indonesia vs Myanmar

Indonesia:
M Iqbal Gwijangge (masuk)
Figo Dennis Saputrananto (masuk)
Arkhan Kaka Putra (masuk)
M Riski Afrisal (masuk)
Nabil Asyura (masuk)

Myanmar:
Kaung Khant Zaw (masuk)
Brang Don Le (masuk)
Khon Cho Htoo (masuk)
Shine Wanna Aung (gagal)
Myat Phone Khant (masuk)
(Aris)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar