Pemekaran Daerah Perlu Dilakukan, Ini Tujuannya Menurut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya

Jumat, 12 Agustus 2022 16:26 WIB

Share
Pemekaran Daerah Perlu Dilakukan, Ini Tujuannya Menurut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya H Ami Fahmi ST. (foto: Kris)

TASIKMALAYA, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Beberapa daerah di Jawa Barat mengajukan diri untuk menjadi Daerah Otonomi Baru atau pemekaran selama ini, seperti di Kabupaten Garut, Ciamis dan daerah lainnya.

Termasuk pula di Kabupaten Tasikmalaya, yang hingga kini usulan pemekaran Tasik Selatan misalnya, masih belum terwujud. Saat ini, warga Tasik Utara juga menginginkan pemekaran dari Kabupaten Tasikmalaya.

Terkait hal itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya H Ami Fahmi ST melihat semangat dalam usulan pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Tasikmalaya Selatan dan Utara. "Karena kalau sudah dimekarkan, masyarakat mendapatkan pelayanan dan akses lebih dekat ke pemerintah," ujarnya, Jumat (12/8/2022).

"Kasian sekarang warga Tasik selatan maupun Tasik utara harus berjalan ke pusat kota demi melakukan dan melengkapi dokumen penting, tapi kalau sudah dimekarkan dipastikan pelayanan untuk masyarakat jadi mudah," ucapnya.

"Dan terkait tahapan proposal usulan dan segala macam itu menjadi tugas presidium bersama masyarakat jika Tasik Utara dilakukan pemekaran menjadi Daerah Otonomi Baru, termasuk dukungan dari berbagai pihak, seperti desa dan lainnya," tambah Ami.

"Ini yang menjadi langkah-langkah, bukan hanya wacana. Ini sudah dibentuk presidium. Kemudian sudah dideklarasikan Presidium Tasik Utara," katanya.

Latar belakang usulan DOB ini, karena masyarakat khususnya di wilayah Tasik Utara merasa akses pelayanan publik terlalu jauh ke pusat pemerintahan. Apalagi sekarang masih belum meratanya pembangunan karena wilayah Kabupaten Tasikmalaya yang luas.

Ami merasa masih ada peluang sebelum dibukanya moratorium DOB oleh pemerintah pusat, dan ini harus segera diproses persyaratan administrasinya dan penyusunan proposal serta kajiannya.

"Kita pun sudah beberapa kali bertemu dengan presidium, intinya kita tinggal melihat langkah presidium apakah bisa cepat atau tidak. Kalau nanti pengajuannya sudah masuk ke DPRD kita akan diparipurnakan," ujarnya.

"Kalau melihat dari segi administrasi, Tasik Utara sangat layak untuk dimekarkan karena baik infrastruktur jalan, sarana pendidikan dan kesehatan di Utara sudah layak, jumlah penduduk cukup dan sumber daya alam serta potensi PAD nya juga hampir sama," tuturnya. (Kris)***

Editor: Ivan W.
Contributor: Kris
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar