Warga Gotong Royong Singkirkan Material Longsor yang Tutupi Jalan di Sodonghilir Tasikmalaya

Jumat, 12 Agustus 2022 09:12 WIB

Share
Warga Gotong Royong Singkirkan Material Longsor yang Tutupi Jalan di Sodonghilir Tasikmalaya
Warga menyingkirkan material longsor yang menutupi badan jalan penghubung menggunakan alat manual. (foto: Kris)

TASIKMALAYA, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Warga bersama TNI, Kepolisian, Unsur Muspika dan Perangkat Desa bergotong royong menyingkirkan material longsor sepanjang 15 meter yang menutupi jalan penghubung di Desa Sodonghilir, Kecamatan Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya.

Mereka menyingkirkan material longor dengan menggunakan alat  seadanya berupa cangkul. Hingga saat ini baru kendaraan roda dua yang bisa melewati jalan tersebut.

Kepala Seksi Trantibum Kecamatan Sodonghilir, Wawan, saat dihubungi Poskota Jabar mengatakan longsor sebelumnya terjadi tepatnya di Kampung Jeruk Maung RT 17/08 Desa Sodonghilir.

Menurut Wawan, akses jalan penghubung dua Kecamatan itu, sudah dilakukan pengerukan oleh warga di dua kecamatan, dibantu TNI, kepolisian dengan melibatkan unsur muspika dan perangkat Desa.

"Sebagian material longsoran yang menimbun badan jalan dapat disingkirkan, separuhnya menggunakan cangkul secara bergotongroyong," ujarnya.

"Alhamdulillah kendaraan roda dua sudah dapat melewati area longsoran. Tapi untuk kendaraan roda empat, sama sekali tidak bisa melewati, karena ketebalan longsoran masih belum tersingkirkan. Kita juga melihat cuaca  di lokasi masih terjadi hujan," katanya.

Masyarakat yang berada di sekitar lokasi masih "terisolasi" karena longsoran masih menutupi badan jalan. Diperkirakan longsoran menimbun badan jalan kurang lebih sepanjang 15 meter.
 
"Mudah-mudahan akses jalan penghubung ini dapat segera dilalui kembali oleh kendaraan maupun warga di dua kecamatan," tuturnya. (Kris)***

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar