Tiga Kecamatan Terdampak Bencana di Kabupaten Garut Mendapatkan Dukungan Program Lumbung Sosial Dari Kemensos

Sabtu, 13 Agustus 2022 20:24 WIB

Share
Tiga Kecamatan Terdampak Bencana di Kabupaten Garut Mendapatkan Dukungan Program Lumbung Sosial Dari Kemensos
Kegiatan Launching Program Lumbung Sosial untuk tiga lokasi terdampak bencana di Kabupaten Garut oleh Kemensos RI di Gedung Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut. (Diskominfo)

GARUT, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Kementerian Sosial (Kemensos) RI melaunching program Lumbung Sosial untuk tiga kecamatan terdampak bencana di Kabupaten Garut, di Gedung Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Sabtu (13/8/2022). Tiga kecamatan tersebut antara lain Kecamatan Garut Kota, Tarogong Kidul, dan Banjarwangi.

Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos, Iyan Koesmadiana, menjelaskan, Lumbung Sosial merupakan salah satu program unggulan Kemensos, bagaimana untuk mempercepat distribusi logistik ke lapangan pasca bencana terjadi.

Ia mengatakan, pasca bencana kemarin pihaknya telah bersinergi dengan Dinas Sosial Kabupaten Garut untuk memberikan bantuan berupa logistik salah satunya dari gudang Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Bandung.

"Juga kami memberikan peralatan-peralatan selter seperti untuk alat-alat kebersihan, kemudian ada juga kita berikan untuk air panas dan sebagainya," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga telah memberikan peralatan dapur bagi para penyintas bencana, sesuai yang diusulkan oleh Dinas Sosial.

"Sehingga kalau kami uangkan bantuan Kementerian Sosial, pada saat terjadinya bencana darurat kemarin itu sekitar Rp 611 juta yang kami sampaikan di sini tercatat di kami," katanya.

Pihaknya juga mengapresiasi kebijakan Bupati Garut, Rudy Gunawan, yang telah mengeluarkan kebijakan untuk penyaluran dana bantuan kerohiman, bagi warga yang terdampak bencana banjir, sehingga dapat mempercepat pembersihan puing-puing pasca banjir.

"Syukur Alhamdulillah ini merupakan suatu hal yang positif saya kira bisa dilihat oleh pelaksanaan penanganan bencana lainnya di daerah Jawa Barat dan sekitarnya," ujarnya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily menyampaikan, Lumbung Sosial ini merupakan sebuah program yang memberikan pelayanan kepada masyarakat agar lebih dekat, sehingga jika terjadi bencana maka kebutuhan dasar para penyintas bencana dapat segera terpenuhi dan diantisipasi.

"Nah maka dengan adanya program lumbung sosial yang diberikan oleh Kementerian Sosial, kami Komisi VIII sangat mendorong agar ini bagian dari pengurangan resiko bencana dan kesiapsiagaan kita menghadapi bencana," katanya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar