Meriahkan HUT RI ke 77, Puluhan Warga Kampung Ciranjang 'Ngubek Balong', Hitungan Menit Ikan Langsung Habis

Rabu, 17 Agustus 2022 21:49 WIB

Share
Meriahkan HUT RI ke 77, Puluhan Warga Kampung Ciranjang 'Ngubek Balong', Hitungan Menit Ikan Langsung Habis
Warga Kampung Ciranjang saling berebut ikan di kolam dengan tangan kosong atau 'Ngubek Balong', untuk meriahkan HUT RI ke 77. (foto: Kris)

TASIKMALAYA, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Meriahkan HUT RI ke 77, puluhan warga Kampung Ciranjang RW 13, Kelurahan Cikalang, Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya, saling berebut ikan di kolam dengan tangan kosong atau 'Ngubek Balong', Rabu (17/8/2022).

Warga dari usia anak-anak hingga dewasa, turun ke kolam untuk mendapatkan ikan tanpa menggunakan alat apapun. Hanya dalam 15 menit, ikan di kolam langsung habis, tak menyisakan sedikitpun.

Menurut panitia penyelenggara, dalam kegiatan itu pihaknya menyediakan 1 kuintal ikan, diantaranya ikan Mas, Mujaer dan Lele.

Otin (55), ibu rumah tangga, mengaku senang dapat ikut 'Ngubek Balong'. Selain ikut memeriahkan HUT RI juga menjadi ajang silaturahmi antar warga kampung.

"Serunya lagi, anak-anak sampai orang tua semuanya turun ke kolam. Harus tangkap ikan pakai tangan kosong. Tidak boleh pakai jaring atau sair," ujarnya.

Ketua RW 13, Ajat Sumedi, mengatakan, 'Ngubek Balong' diadakan sebagai bentuk rasa syukur dan mengenang jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia hingga Merdeka.

"Maka sebagai generasi penerus sudah sewajarnya kita selalu bersyukur akan karunia kemerdekaan ini dengan memperingatinya, agar tetap tumbuh dan tertanam di dalam setiap individu akan pentingnya kemerdekaan itu sendiri.

Hal tersebut, guna membentuk generasi yang cinta tanah air dan selalu menghargai jasa para pahlawan, maka semua lapisan masyarakat bagian dari ikut serta memeriahkan Hari Kemerdekaan.

"Alhamdulilah setelah kami mencermati, kegiatan Ngubek Balong begitu sangat antusias sekali dan meriah. Mereka membawa keberkahan hasil tangkapnnya dan dalam hitungan menit ikan langsung habis," tuturnya. (Kris)***

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar