Walikota Cimahi Ngatiyana : HUT RI ke 77 Refleksi Nilai-nilai Pancasila Mepersatukan Bangsa Hadapi Tantangan

Rabu, 17 Agustus 2022 18:47 WIB

Share
Walikota Cimahi Ngatiyana : HUT RI ke 77 Refleksi Nilai-nilai Pancasila Mepersatukan Bangsa Hadapi Tantangan
Walikota Cimahi Letkol (Purn) Ngatiyana, S.A.P. menjadi Inspektur Upacara dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 77 tingkat Kota Cimahi, Rabu (17/8/2022). (foto:Bagdja)

CIMAHI, JABAR.POSKOTA.CO.ID

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 Tingkat Kota Cimahi Tahun 2022 berlangsung di Lapangan Rajawali Jl. Gatot Subroto, Kelurahan Karangmekar, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Rabu (17/08/2022). Bertindak sebagai inspektur upacara, Walikota Cimahi Letkol. (Purn) Ngatiyana, S.A.P.

Walikota Cimahi menegaskan, harga dari sebuah kemerdekaan amatlah mahal karena dibayar dengan perjuangan dari para pahlawan dalam melawan penjajah dari bumi Indonesia yang bukan saja telah menginjak-injak kehormatan dan harga diri bangsa, tapi juga telah menumpahkan darah, bahkan melenyapkan ribuan nyawa rakyat Indonesia di masa lampau.

Kewajiban rakyat Indonesia di masa sekarang untuk berterima kasih dan memberikan penghormatan kepada para pahlawan kusuma bangsa,  “Sudah sepantasnya bagi kita sebagai anak bangsa untuk memperingati kembali kemerdekaan NKRI hari ini,” tegas Ngatiyana.

Ngatiyana juga mengingatkan peringatan kemerdekaan RI hendaknya bukan sekedar upacara menaikkan sang saka merah putih, atau hanya mengenang heroisme para pahlawan, 

“Lebih dari itu, peringatan ini merupakan bentuk refleksi terhadap segala dinamika yang kita jalani dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tutur Ngatiyana. 

D isamping itu, Ngatiyana juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk memaknai dari HUT RI ke 77 untuk  bangkit Bersama-sama, sesuai dengan tema HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022, pulih lebih cepat bangkit lebih kuat.

Tema HUT Kemerdekaan RI ke-77 merefleksikan rasa optimis dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas, dan lugas dalam menghadapi tantangan global. Merupakan perwujudan harapan untuk bersama pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju indonesia maju.

Selama masa pandemi Covid-19, bangsa Indonesia menghadapi tantangan di berbagai aspek kehidupan mulai dari ekonomi hingga sosial budaya, namun berkat sinergitas semua elemen bangsa yang bergerak bersama dan bergotong royong untuk mencapai percepatan pemulihan kondisi di semua sektor dan siap bangkit menghadapi tantangan global.

Terakhir, Ngatiyana mengingatkan bagaimana Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 merefleksikan bagaimana nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika mempersatukan bangsa Indonesia dalam menghadapi tantangan yang ada, 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar