Tukang Asong Jadi Pengusaha Sukses Inspirasi  Pelaku UMKM Kota Cimahi

Sabtu, 17 September 2022 18:36 WIB

Share
Ketua Kadin Kota Cimahi, Asep Maryadi dari tukang asongan menjadi pengusaha sukses. (foto :Bagdja)
Ketua Kadin Kota Cimahi, Asep Maryadi dari tukang asongan menjadi pengusaha sukses. (foto :Bagdja)

CIMAHI, JABAR.POSKOTA.CO.ID

Ketua Kamar Dagang dan Industri  Indonesia (Kadin) Kota CImahi Asep Maryadi, mulai menggelar pelatihan pembuatan Sertifikasi Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT), berbasis OSS-RBA dalam sesion ke tiga, di gedung Technopark Cimahi Selatan, Sabtu (17/9/2022).

Sekitar 100 orang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, (UMKM) yang mengikuti pelatihan pembuatan Sertifikasi Produksi Pangan Industri Rumah Tangga yang berbasis OSS-RBA ini.

"Hari ini kami dari Kadin kota Cimahi mengadakan pelatihan pembuatan SPP-IRT  sesion ketiga, dimana sesi satu dan dua sudah dapat dilaksanakan," ujar Asep.

Digelarnya pembuatan SPP-IRT untuk para UMK secara gratis, menurut Asep, ternyata di Cimahi masih banyak para UMKM-UMKM yang belum memiliki SPP-IRT dan Nomor Induk Berusaha (NIB) cukup banyak,

"Juga yang berminat ingin memiliki SPP-IRT banyak yang minat," ulas Asep.

Begitu pula terang Asep, kenapa proses SPP-IRT harus dibuat, tujuannya yaitu untuk membesarkan usaha para UMKM-UMKM itu sendiri,

"Kalau jualan kecil-kecilan juga bisa siapapun bisa jualan dirumah, tidak perlu pakai perijinan, tapi kalau memang niat usahanya ingin besar, maka harus pakai perijinan dari mulai NIB, SPP-IRT, sertifikasi halal dan lain-lainnya,"

Efeknya bila memiliki sertifikasi komplit, apabila UMKM tersebut menjadi besar,

" Tentu mereka akan berfikir bagaimana mereka akan membantu pemerintah dari sektor pajak juga akan meningkat, seperti mengisi faktur pajak, sudah ada kontribusi untuk PAD kota Cimahi," terang Asep.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler