Tiga Wilayah BUMDes Mengikuti Pelatihan Jaringan Internet di Kabupaten Tasikmalaya, Ini Tujuannya

Senin, 26 September 2022 16:41 WIB

Share
Para peserta disela-sela pelatihan jaringan internet serta keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang berasal dari Tiga Wilayah BUMDesa. (foto: Kris)
Para peserta disela-sela pelatihan jaringan internet serta keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang berasal dari Tiga Wilayah BUMDesa. (foto: Kris)

TASIKMALAYA, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Dalam rangka meningkatkan kemampuan sumber daya manusia Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) dan BUM Desa Bersama, BAKTI Wilayah Kerja Surabaya bekerja sama dengan PT Bumdesa Panca Mandala menyelenggarakan Pelatihan Jaringan Internet Serta Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai 26 September hingga 1 Oktober 2022, berlangsung di BUM Desa Bersama Panca Mandala Kp. Cinunjang RT 003/RW 001, Desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya.

"Pelatihan ini menjadi tonggak sejarah bagaimana desa, BUMDesa, dan masyarakat bisa menyelenggarakan tenaga teknis dalam menyelesaikan telekomunikasi, dan membuktikan bahwa Bumdesa Bersama Panca Mandala telah mampu menjadi mitra dalam melaksanakan kegiatan yang bersifat profesional di level nasional," kata Irman Meilandi, Direktur PT Bumdesa Panca Mandala, Senin (26/9/2022).

Menurut Irman, BUMDesa Bersama Panca Mandala merupakan kelembagaan yang dibentuk Kawasan Kerjasama dari 5 Desa membentuk badan hukum BUMDesa Bersama berdasarkan yang sudah bersertifikat Kementerian Hukum dan HAM.

Kemudian mendirikan Badan Usaha yang berbentuk Perseroan Terbatas yang bernama PT Bumdesa Panca Mandala. "Program pelatihan jaringan internet serta keselamatan dan kesehatan kerja (K3) ini dilaksanakan oleh Bakti Kominfo," tuturnya.

Sasaran program ini adalah mencetak sumber daya manusia BUMDes yang telah dan menjadi bagian dari program kemitraan BUMDes di dalam memahami jaringan internet serta keselamatan dan kesehatan kerja (K3) secara efektif dan efisien. "Sehingga usaha layanan internet oleh BUMDes bisa menguntungkan dan berkelanjutan," ujarnya.

Adapun total peserta berjumlah 34 orang yang akan mendapatkan pelatihan intensif selama selama 6 (enam) hari, yang datang dari wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Pelatihan ini salah satu upaya mendorong bagaimana sumber daya manusia di desa bisa berdaya dan bersertifikasi. Karena kita juga telah bekerjasama demgan Kominfo dalam hal ini BAKTI dan Kementerian Desa memfasilitasi peserta untuk mendapatkan Sertifikasi Instalasi dan Aktivasi Standar Kompetensi Keja Nasional Indonesia (SKKNI).

Salah satu tujuan kegiatan ini adalah agar masyarakat desa terutama generasi muda dapat menyelesaikan konektivitas, trouble shooting, mengembangkan jaringan untuk tujuan usaha dimana internet bisa menjadi unit usaha BUM Desa atau BUM Desa Bersama yang memiliki berpotensi besar.

Manfaat yang diperoleh yaitu upskilling, maka peserta pengurus Bumdes Bumdesma di dalam menjalankan usaha agar memiliki keterampilan untuk dapat mengoptimalkan usahanya dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk dapat bersaing di dalam era revolusi industri 4.0 serta memperhatikan aspek.

Halaman
Editor: Ivan W.
Contributor: Kris
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar