Air Sungai Cilangla Meluap, Puluhan Rumah di Tasikmalaya Terendam Banjir

Selasa, 27 September 2022 16:04 WIB

Share
Petugas melakukan penyebrangan menggunakan perahu karet yang disediakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya. (Kris)
Petugas melakukan penyebrangan menggunakan perahu karet yang disediakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya. (Kris)

TASIKMALAYA, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Hujan deras yang mengguyur Tasik Selatan terus terjadi sejak malam hingga pagi, menyebabkan air Sungai Cilangla meluap dan merendam puluhan rumah penduduk dengan ketinggian sekitar 2 meter, di Kampung Arjaya, Kampung Cikeruh Desa Ciawi dan Cikupa Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (27/9/2022)

Sekertaris BPBD Kabupaten Tasikmakaya, Irwan mengatakan, banjir terjadi sejak kemarin pagi, Senin (26/9/2022), akibat bencana tersebut ratusan hektar lahan sawah, jalan raya dan beberapa rumah warga terendam.

Menurut Irwan, hujan deras yang menguyur Tasik Selatan yang terjadi sejak kemarin hingga sekarang yang tercatat berjumlah 42 titik bencana, yakni banjir, tanah longsor, pergerakan tanah, pohon tumbang itu terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

"Saat ini untuk banjir yang melanda Kecamatan Karangnunggal  perlahan-lahan mulai surut dan itu juga terjadi bila Sungai Cilangla meluap akan menyebabkan puluhan rumah terendam dan memutuskan jalan penghubung ke Cipatujah," katanya.

"Sampai siang ini air masih merendam puluhan rumah dan di lokasi masih terjadi hujan lebat. Bahkan rumah yang sempat terendam bajir, sudah dibersihkan secara gotong royong. Untuk logitik sudah kami kirim tadi, termasuk Petugas BPBD di siagakan di lokasi kejadian," katanya.

"Untuk penduduk yang masih terendam banjir , kita dari BPBD juga menerjunkan beberapa perahu karet untuk warga yang ingin melakukan aktivitas sehari-hari dan kita juga menyediakan tenda darurat untuk keperluan memasak," pungkasnya. (Kris)***

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar