DPR Soroti Menteri Nadiem Makarim Rendahkan SDM Kemendikbudristek

Selasa, 27 September 2022 16:27 WIB

Share
Nadiem Makarim (foto ist)
Nadiem Makarim (foto ist)


JAKARTA, POSKOTA
Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih menilai Mendikbudristek Nadiem Makarim telah merendahkan SDM di kemendikbud.

Pasalnya ketika berbicara di PBB, Nadiem menyebutkan soal adanya tim bayangan atau "shadow organizzation" yang menurut penilaian DPR, Menteri Nadiem telah merendahkan SDM yang ada di Kemendikbudristek.

"Frasa/ term ‘shadow organization’ dalam penjelasan Nadiem di forum tersebut sangat berlebihan dan merendahkan SDM yang ada dikemdikbud, sehingga perlu ada penjelasan resmi ke komisi X, terkait peran, fungsi, dan anggarannya dalam SOTK kemendikbudristek," ucapnya, Selasa, (27/9/2022).

Kemudian, lanjut Fikri, secara internal Kemdikbud, Inspektorat perlu mengaudit sejauhmana sistem kerja dan peran tim shadow Nadiem, terutama dalam penggunaan dan pertanggungjawaban anggaran, karena dalam statemen Nadiem, Ketua tim shadow setara dengan Dirjen.

Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih.

"Dalam konteks akselerasi transformasi teknologi dalam dunia pendidikan, Komisi x dalam posisi selalu mendukung. Hanya saja perlu ‘roadmap’ yang jelas karena kebijakan pendidikan menyangkut masa depan bangsa, penggunaan teknologi adalah tools daya dukungnya,"  kata politisi PKS ini.

Bahkan, kata Fikri, Komisi x sudah lama merekomendasi Kemdikbud untuk membuat peta jalan pendidikan, yang sampai saat ini belum juga ada.

"Jika Nadiem merasa percaya diri dengan apa yang dipaparkan di forum Internasional tersebut, maka mulailah membuka diri untuk berdialog dan berkomunikasi langsung dengan berbagai elemen pemangku kepentingan pendidikan yang ada di dalam Negeri," tutup Fikri. (rizal/poskota.co.id)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar