Ridwan Kamil Diprediksi Akan Terseok-seok Apabila Ikuti Pilpres 2024

Kamis, 29 September 2022 16:28 WIB

Share
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (foto:ist)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (foto:ist)

JAKARTA, POSKOTAJABAR 
Pengamat politik Ujang Komarudin menilai, langkah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan terseok-seok apabila berpartisipasi dalam pilpres 2024 mendatang. Hal tersebut merujuk pada rendahnga tingkat elektabilitas mantan Walikota Bandung tersebut.

"Pak Ridwan Kamil mungkin akan sulit bersaing dengan beberapa tokoh lainnya, Seperti Prabowo Subianto maupun Anies Baswedan. Elektabilitas Ridwan Kamil selalu rendah dan dibawah mereka,"ujar Ujang Kepada Poskota, Selasa, (27/9/2022).

Menurut Ujang, Ridwan Kamil bisa menjadi kuda hitam pada gelaran Pilpres selanjutnya. Untuk saat ini, kata Ujang, urutan tiga besar elektabilitas capres ataupun cawapres masih dipegang oleh orang-orang lama.

"Masih harus menunggu kalau menurut saya, kan kita bisa melihat siapa saja yang berada diurutan teratas. Sekarang kita lihat aja elektabilitas pak Ridwan Kamil itu bagaimana,"tambah Ujang.

Tidak hanya itu, menurut Ujang, hingga saat ini belum ada partai politik yang langsung meminang Ridwan Kamil sebagai calonnya. Menurut Ujang, hal tersebut terjadi lantaran parpol yang bersangkutan masih meraba kekuatannya sampai dimana.

"Hingga saat ini kan belum ada parpol yang secara terbuka memilih Ridwan Kamil sebagai calonnya. Misalkan ada yang meminang itu akan membuat peta politik Indonesia berubah, kita tunggu saja,"kata Ujang.

Sebelumnya, Relawan Ridwan Kamil yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia optimis pria yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jabar dapat maju pada pemilihan presiden tahun 2024 sebagai calon presiden. Oleh karena itu, para relawan berkumpul untuk menyolidkan organisasi.

"Kami merasa penting, semua relawan ini, mendukung Ridwan Kamil untuk bisa maju dan memberikan keridhoan agar Ridwan Kamil melaju dengan tanpa punya beban apapun. Beliau maju sebagai presiden dengan penuh keyakinan dan akan menang," ujar Sekretaris Jenderal Gerakan Nasional Indonesia Juara (GNIJ) Suhara Iskandar saat rakor relawan di Hotel Grand Preanger, Bandung, Senin (26/9/2022).

Dia mengungkapkan, pihaknya melakukan rapat koordinasi dengan simpul-simpul relawan. Sekaligus meminta masukan kepada tokoh-tokoh senior agar Ridwan Kamil dapat berkontestasi politik di Pilpres tahun 2024.

Iskandar mengatakan, rapat koordinasi dihadiri oleh satu orang ketua relawan dari 34 provinsi serta satu orang perempuan perwakilan dari perempuan Indonesia juara. GNIJ, dia menyebut, sudah dideklarasikan di seluruh provinsi.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar