Catat, KekayaanTiga Hakim yang Adili Ferdy Sambo, Tertinggi Rp 12 Miliar

Senin, 17 Oktober 2022 07:38 WIB

Share
Ferdy Sambo saat diserahkan ke Kejaksaan
Ferdy Sambo saat diserahkan ke Kejaksaan

JAKARTA, POSKOTA JABAR
Ada tiga hakim yang akan mengadili Ferdy Sambo, Richard Elizer, Putri Candrawati, Kuat Ma’ruf, dan kawan-kawan lainnya. Mereka akan diuji kemampuannya untuk mengadili para terdakwa dalam kasus pembunuhan brigadir Josua. 

Menurut Djuyamto Humas PN Jakarta Selatan, susunan majelis hakim terdiri dari ketua Wahyu Imam Santoso dengan anggota hakim Morgan Simanjuntak, dan Alimin Ribut Sujono.

Dalam situs KPK, ketiga hakim ini pernah melaporkan harta kekayannya mulai dari Rp 12 miliar hingga Rp 1 miliar lebih. Berikut para hakim yang akan mengadili Sambo:

WAHYU IMAM SANTOSA (KETUA)

Wahyu Iman Santosa yang akan menjadi ketua majelis hakim memiliki kekayaan sebanyak Rp 12.009.356.307 yang disampaikan pada Januari 2022. 

Perjalanan karir Wayu sebelum memegang jabatan sebagai Wakil Ketua PN Jakarta Selatan pernah menjabat sebagai Ketua PN Denpasar, Bali. Di Denpasar Bali, Wahyu hanya satu tahun karena dipindah tugaskan sebagai Wakil Ketua PN Karanganyar, Jawa Tengah. Dari Karang Anyar, Wahyu dipromosikan menjadi Ketua PN Tarakan, Kalimantan Timur.

Di luar itu, Wahyu pernah bertugas di Batam dan Kediri. Saat ini, Wahyu termasuk dalam golongan Pembina Utama Muda (IV/c) dengan pendidikan terakhir S2. 

MORGAN SIMANJUTAK (ANGGOTA)

Hakim anggota Morgan Simanjutak memiliki kekayaan Rp 3.966.806.000 berdasarkan laporan yang disampaikan pada Februari 2022. 

Sebagai hakim PN Jakarta Selatan dengan golongan Pembina Utama Madya (IV/d) hakim anggota yang lahir pada 22 September 1962 mencatat sederet prestasi. Yang paling spektakuler adalah ketika menjadi hakim tunggal di mana ia menolak Praperadilan MAKI ke KPK dalam kasus Djoko Tjandra. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler