Pasang Tiang Pancang Perdana, Pembangunan Gedung STT YBSI dan POLBIM Dimulai

Sabtu, 29 Oktober 2022 21:27 WIB

Share
Rangkaian pemasangan tiang pancang pertama pengembangan gedung baru STT YBS Internasional dan Politeknik Bisnis Mayasari ditandai dengan penekanan tombol sirine. (foto: Kris)
Rangkaian pemasangan tiang pancang pertama pengembangan gedung baru STT YBS Internasional dan Politeknik Bisnis Mayasari ditandai dengan penekanan tombol sirine. (foto: Kris)

TASIKMALAYA, JABAR.POSKOTA.CO.ID - Pembangunan gedung baru STT YBS Internasional dan Politeknik Bisnis Mayasari dimulai, yang ditandai dengan pemasangan tiang pancang perdana. Pembangunan STT YBSI dan POLBIM itu sekaligus disiapkan untuk kampus Universitas Mayasari Bakti (UNIMBA).

Pemasangan tersebut dilaksanakan di atas tanah seluas 14,526 meter persegi. Sedangkan luas kawasan pengembangan Kampus seluas 31.234 meter persegi. Peresmian berlangsung di Jalan Tamansari Blok Rahayu Kota Tasikmalaya, Sabtu (29/10/2022).

Ketua Yayasan Mayasari Bakti Utama Ir. H Ade Ruhyana Mahpud mengatakan, pemasangan tiang pancang gedung STT YBS Internasional dan gedung Politeknik Bisnis Mayasari, diperuntukan pula untuk UNIMBA yang hingga kini dalam proses pengusulan izin kepada Kemenristekdikti.

Menurut dia, syarat pendirian Universitas juga disediakannya gedung kampus di atas tanah minimal 10 ribu meter persegi dan pembangunan gedung kampus dilakukan di atas tanah milik yayasan seluas 14.526 meter persegi dan luas pengembangan kampus seluas 31.234 meter persegi.

Pembangunan gedung kampus STT akan dibangun seluas 4.880 meter persegi dengan ketinggian 4 lantai dan penghubung antar lantai memakai lift.

Selanjutnya akan dibangun pula gedung Politeknik Bisnis Mayasari dengan bangunan yang serupa dengan STT, dan rencana lain yakni gedung rektorat dan auditorium yang bisa menampung 1.136 orang dengan luas 5000 meter persegi. Selain itu juga akan dilengkapi dengan sarana  ibadah dan akan diberi nama Mesjid H Engkud Mahpud dengan luas 1200 meter persegi.

Disamping itu, kampus Universitas Mayasari Bakti akan dilengkapi pula dengan fasilitas pendukung antara lain sport center, amphitheater, out dor, gedung kantin, pusat kegiatan mahasiswa, fasilitas jalan dan pedestrian.

Kemudian, menurut dia, penyediaan jumlah dan jenis ruang-ruang gedung kampus dan sarananya ditargetkan dapat menjamin terpenuhinya kebutuhan kegiatan akademik dan nonakademik. Kemudian sarana yang lengkap dan mutakhir, serta diharapkan dapat mendukung upaya mewujudkan tata kelola perguruan tinggi yang baik dari segi arsitektur dengan konsep green building yang modern tropis.

"Pembangunan tahap pertama ini kita targetkan selesai pada bulan September 2023. Kita juga mengantisipasi terbitnya SK UNIMBA sebelum dimulai tahun akademik 2023/2024, dan dengan selesainya pembangunan gedung kampus pertama akan menampung perkuliahan mahasiswa sebanyak empat Fakultas dan sembilan Program Studi," paparnya.

Sementara itu Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf yang diwakili Sekertaris Daerah Ivan Dicksan berharap, dengan berdirinya UNIMBA nantinya dapat dimanfaatkan sebagai pusat pengembangan dan pembelajaran generasi muda di Kota Tasikmalaya.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler