Mengagetkan, Gojek Tokopedia PHK 1300 Karyawan

Jumat, 18 November 2022 18:31 WIB

Share
Gojek dan Tokopedia mem-PHK 1300 karyawan
Gojek dan Tokopedia mem-PHK 1300 karyawan


JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - 

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk secara resmi melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada 1.300 orang atau 12 persen karyawannya.

Mengutif Poskota.co.id, manajemen GoTo membenarkan hal tersebut. Manajemen berkilah, tantangan makro ekonomi global berdampak signifikan bagi para pelaku usaha di seluruh dunia.

"GoTo, seperti layaknya perusahaan besar lainnya, perlu beradaptasi untuk memastikan kesiapan Perusahaan menghadapi tantangan ke depan," tulis manajemen dalam keterangan resmi yang diterima Poskota, Jumat, (18/11/2022).

Untuk itu, lanjut GoTo, untuk mendukung percepatan pertumbuhan, sejak awal tahun GoTo juga melakukan evaluasi optimalisasi beban biaya secara menyeluruh, termasuk penyelarasan kegiatan operasional, integrasi proses kerja, dan melakukan negosiasi ulang berbagai kontrak kerja sama.

Pada akhir kuartal kedua 2022, Perusahaan berhasil melakukan penghematan biaya struktural sebesar Rp800 miliar dari berbagai aspek penghematan, seperti teknologi, pemasaran dan outsourcing.

"Namun demikian, untuk lebih jauh bernavigasi di tengah kondisi ekonomi global yang semakin penuh tantangan, GoTo harus fokus pada hal-hal yang berada dalam kendali perusahaan. Hal ini termasuk mengambil keputusan sulit untuk melakukan perampingan karyawan sejumlah 1.300 orang atau sekitar 12 persen dari total karyawan tetap Grup GoTo," lanjut GoTo.

Menurut manajemen, keputusan sulit ini tidak dapat dihindari supaya perusahaan lebih agile dan mampu menjaga tingkat pertumbuhan sehingga terus memberikan dampak positif bagi jutaan konsumen, mitra pengemudi, dan pedagang.

GoTo juga menyatakan akan menberikan kompensasi kepada kryawan terdampak sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan di tiap megara di mana GoTo beroperasi.

"Lebih dari itu, GoTo juga memberikan sejumlah dukungan finansial, antara lain berupa tambahan satu bulan gaji, serta kompensasi pengganti periode pemberitahuan (notice in-lieu)," lanjut manajemen.

Halaman
Editor: Kashmirx
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar