Butuh Banyak Relawan untuk Bantu Korban Gempa Cianjur

Senin, 21 November 2022 18:17 WIB

Share
Palang Merah Indonesia Kabupaten Cianjur mulai menerima bantuan untuk korban gempa Cianjur. (Foto : dokumen IKWI)*
Palang Merah Indonesia Kabupaten Cianjur mulai menerima bantuan untuk korban gempa Cianjur. (Foto : dokumen IKWI)*

BANDUNG, JABAR.POSKOTA.CO.ID

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menurunkan  lima tim Jabar Quick Response (JQR) merespons kejadian bencana gempa yang terjadi di Kabupaten Cianjur. JQR juga membuka kesempatan para relawan untuk bergabung bersama untuk penanganan korban gempa Cianjur.

Lima  tim JQR langsung bertolak  menuju Kabupaten Cianjur untuk membantu melaksanakan proses pencarian dan evakuasi korban sekaligus melakukan distribusi bantuan logistik di lokasi bencana.

“Kami mendapat perintah langsung dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk merespon kondisi darurat akibat gempa di Kabupaten Cianjur,” ujar  Manager Operasional JQR Nizar Ilyasa kepada media di GOR Saparua, Senin 21 November 2022

Menurutnya, ada tiga lokasi utama terdampak gempa yang akan direspons JQR yakni Kecamatan Cugenang , Warung Kondang dan Pacet Cipanas.

Menurut Nizar, berdasarkan rapid assessment ketiga wilayah tersebut terdampak paling parah dan menimbulkan korban luka.

“Pada pukul 14.00 , lima tim telah berangkat ke Kabupaten Cianjur. Saat ini kami masih mengumpulkan data dari lapangan dengan metode rapid assessment,” jelas Nizar.

Lebih jauh Nizar menyebutkan, Tim JQR juga sedang memobilisasi relawan-relawan yang akan turut serta membantu penanganan bencana. “Dampak gempa sangat besar, membutuhkan banyak relawan yang memiliki skill pertolongan, yang di Bandung bisa berkumpul di GOR Saparua,”ucapnya. (Daffi)*

Editor: Dedy Suhaeri
Contributor: M. Daffi
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar