Korban Meninggal Jadi 162 orang, Sebanyak 13.784 Warga Mengungsi

Senin, 21 November 2022 23:26 WIB

Share
Gempa yang terjadi di Cianjur juga menyebabkan infrastruktur jalan mengalami kerusakan. Selain itu sebanyak 13.784 orang mengungsi karena rumah mereka mengalami kerusakan.* (Foto : dok IKWI)
Gempa yang terjadi di Cianjur juga menyebabkan infrastruktur jalan mengalami kerusakan. Selain itu sebanyak 13.784 orang mengungsi karena rumah mereka mengalami kerusakan.* (Foto : dok IKWI)

CIANJUR, JABAR.POSKOTA.CO.ID

Jumlah korban gempa Cianjur terus bertambah. Hingga Senin 21 November 2022 pukul 20.00 WIB, korban meninggal menjadi 162 orang. Sedangkan jumlah korban luka mencapai ratusan orang.

Data yang dikeluarkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Cianjur menyebutkan, ada sebanyak 2.345 rumah mengalami kerusakan. Sedangkan sebanyak 13.784 orang mengungsi di beberapa titik pengungsian.

Sementara jalan nasional di daerah Cugenang dan jalan di Desa Cijedil mengalami longsor. Sedangkan dua jembatan mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan magnitudo 5,6.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terjun langsung ke beberapa lokasi penanganan korban gempa Cianjur. Ridwan juga mendapat laporan masih banyak warga yang terjebak dalam reruntuhan rumah dan belum mendapatkan bantuan evakuasi.

Ridwan Kamil meminta seluruh aparat untuk terjun menelusuri desa-desa yang ada.

Sementara itu, listrik di rumah sakit yang menangani korban gempa sudah mulai menyala. Dengan demikian penanganan korban yang luka menjadi lebih optimal.

“LIstrik di rumah sakit memang sudah menyala. Sedangkan untuk listrik ke warga masih sekitar 16 persen yang sudah menyala,”ujar Bupati Herman Suherman dalam sebuah wawancara dengan sebuah televisi.

Lebih jauh Herman menyebutkan, proses evakuasi pada malam hari terpaksa dihentikan karena selain masih gelap juga masih adanya gempa-gempa susulan. “Masih terasa ada gempa susulan jadi proses evakuasi kami hentikan dulu, besok diteruskan,”ujarnya.

Seperti diketahui,  gempa berkekuatan magnitudo 5,6 mengguncang wilayah Cianjur, Jawa Barat, Senin siang. Gempa berpusat di darat sekitar 10 kilometer Barat Daya Kabupaten Cianjur atau 15 kilometer dari Kota Sukabumi.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melansir akibat gempa yang memiliki kedalaman 10 kilometer itu tak ada potensi tsunami. (Daffi)*

Halaman
Editor: Dedy Suhaeri
Contributor: M. Daffi
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar