Pasca Gempa Cianjur, BNPB Segera Aktifkan Posko Penanganan Bencana

Senin, 21 November 2022 20:34 WIB

Share
Bangunan hancur akibat gempa di Cianjur. (foto: BNPB)
Bangunan hancur akibat gempa di Cianjur. (foto: BNPB)

JABAR.POSKOTA.CO.ID - Posko penanganan bencana akan segera diaktifkan, pascagempa magnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur, Senin (21/11/2022).

Hal itu disampaikan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, dalam keterangan persnya.

Dia menyebutkan bahwa pihaknya segera mengaktifkan posko penanganan bencana.

"Kemudian juga kedatangan kami ke daerah akan membawa logistik bagi para pengungsi yang terpaksa harus tinggal di pengungsian," tuturnya.

Kepala BNPB menjelaskan, pihaknya akan segera menuju ke lokasi terdampak untuk melakukan upaya percepatan penanganan gempa. Dia memastikan pula pemenuhan kebutuhan masyarakat terdampak.

"BNPB akan menempatkan satu unit helikopter untuk mempermudah penanganan darurat bencana, evakusi dan pendistribusian logistik ke lokasi-lokasi terisolir," tuturnya.

Suharyanto mengakui, tidak ada yang dapat memprediksi kapan terjadinya bencana, yang terpenting bagaimana respon yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat saat terjadinya bencana.

“Gempa sudah terjadi, tidak ada satu kekuatan yang bisa menghindari kapan terajdinya bencana, yang pasti setelah terjadi bencana bagaimana upaya-upaya kita secara sinergi, soliditas dan sungguh-sungguh agar penanganan bencana dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Berdasarkan pendataan yang disusun oleh Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) BNPB, dampak yang diakibatkan gempa tersebut turut merusak beberapa bangunan, seperti 343 unit rumah rusak berat, satu unit pondok pesantren rusak berat, RSUD Cianjur alami rusak sedang.

Kemudian empat unit Gedung pemerintah, tiga unit fasilitas pendidikan, satu unit sarana ibadah, satu unit toko dan satu unit cafe juga alami kerusakan, serta ada jalanan yang terputus.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar