Sasaran Cegah Narkotika Masuk ke Kalangan Pelajar SMP di Cimahi

Senin, 21 November 2022 06:20 WIB

Share
Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Harjono (foto:ist)
Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Harjono (foto:ist)

CIMAHI, JABAR.POSKOTA.CO.ID. Maraknya anak-anak sekolah yang terjerat Narkotika dan Obat-obatan terlarang (Narkoba), Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi Harjono, bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) dan Kepala Satuan Narkoba Polres Cimahi, telah melakukan pencegahan dini penyalahgunaan narkotika di kalangan pelajar gencar dilakukan. Jumat (18/11/2022)

Menurut Harjono, pihaknya sudah mengintruksikan para wakil kepala sekolah kesiswaan untuk melakukan tindakan pencegahan agar narkotika tidak masuk di kalangan pelajar di Kota Cimahi.

"Kami sudah mengumpulkan wakasek kesiswaan untuk melakukan tindakan pencegahan dan edukasi, bekerjasama dengan Satnarkoba dan BNNK," paparnya.

Bahkan, lanjut Harjono, bahwa dari pihak Satnarkoba Polres Cimahi dan BNNK Cimahi juga sudah menjadwalkan untuk masuk ke setiap sekolah-sekolah, untuk memberikan edukasi kepada pelajar di Kota Cimahi. Namun untuk sementara ini pihaknya baru menyasar SMP.

"Satnarkoba Polres Cimahi secara terjadwal masuk ke sekolah-sekolah. Sementara baru SMP,  nanti hasil dari SMP kita evaluasi apakah perlu dilakukan juga ke SD-SD?," ujar Harjono.

Selain itu, Harjono sudah membentuk tim kecil yang dipimpin wakil kepala sekolah kesiswaan di setiap sekolah untuk melakukan pemantauan kepada setiap siswa. 

"Apabila ada anak yang mencurigakan, maka tim akan langsung melakukan assement dan tentunya berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan serta Satnarkoba Polres Cimahi dan BNNK," tegas Harjono.

Namun tentu saja langkah-langkah pencegahan yang dilakukan tim di sekolah diupayakan tidak akan membuat siswa takut. Pihaknya berkomitmen untuk menjaga motivasi belajar siswa sehingga edukasi hingga langkah pencegahan pun dibuat lebih humanis.

"Kamu sudah kumpulkan wakasek agar di sekolah ramah anak dibentuk tim kecil untuk mewujudkan sekolah ramah anak. Kalau ditemukan barang mencurigakan jangan diberi sanksi dulu, koordinasi dengan BNNK, Polres," imbuh Harjono.

Ditambahkan oleh Harjono, bahwa pencegahan dan edukasi yang dilakukan pihaknya bersama BNNK dan Satnarkoba Polres Cimahi semata-mata untuk mencegah agar para pelajar di Kota Cimahi tidak ada yang terlibat penyalahgunaan narkotika. (Bagdja)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar