Innalillahi, Diperkirakan Sudah 200 Orang yang Tewas Akibat Gempa Cianjur

Selasa, 22 November 2022 03:08 WIB

Share
Reruntuhan akibat gempa
Reruntuhan akibat gempa


JAKARTA, POSKOTA.CO.ID

Diperkirakan sudah tembus ke angka 200 orang korban meninggal dunia akibat gempa 5.6 SR di Cianjur, Senin (21/11). Sementara ratusan korban lain menderita luka luka yang kini dirawat tersebar di semua rumah sakit di Cianjur, Bogor dan sekitarnya.

Sampai pukul 19.34 Senin data resmi yang dikeluarkan Badan Penanggulan Bencana sebanyak 162 orang tewas, 25 diperkirakan masih tertimbun di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Cianjur.

Ada ribuan keluarga yang terpaksa harus mengungsi ke tempat yang aman. Ribuan bangunan rumah, perkantoran, tempat ibadah dsb hancur berantakan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Ph.D. Plt, mengatakan, gempa dengan kekuatan M5,6 yang berpusat di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat menimbulkan korban jiwa. 

Data terakhir Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB pada Senin (21/11)  warga meninggal tersebar di Desa Rancagoong di Kecamatan Cilau, Desa Limbagansari di Kecamatan Cianjur, dan Kecamatan Cugenang.

Kerusakan infrastruktur, di Kabupaten Cianjur sebanyak 2.272 rumah rusak, 1 unit pondok pesantren rusak berat, 1 RSUD Cianjur rusak ringan, 4 unit gedung pemerintah rusak, 3 unit sarana pendidikan rusak, 1 unit sarana ibadah rusak.

Selain di Kabupaten Cianjur, kerusakan infrastruktur juga tercatat di Kabupaten Bogor sebanyak 46 rumah rusak, Kabupaten Sukabumi 443 rumah rusak, dan di Kota Sukabumi sebanyak 14 unit rumah rusak.

Warga juga diminta untuk mengikuti dan mendapatkan informasi dari kanal resmi BNPB, BMKG, BPBD, dan pemerintah daerah setempat.

TERASA SAMPAI JAKARTA
Gempa bumi M5,6 mengguncang Cianjur, Jawa Barat dan sekitarnya pada Senin (21/11/2022) siang dan terasa hingga Jakarta. BMKG menyebut guncangan terjadi akibat adanya aktivitas sesar Cimandiri di darat. 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar