Forum Satu Data Kota Cimahi 2022 Digelar Bappelitbangda.

Selasa, 6 Desember 2022 17:31 WIB

Share
Pj Wali Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan melakukan penandatanganan Berita Acara kesepakatan Forum Satu Data tahun 2022 sebagai bentuk komitmen seluruh OPD untuk mendukung Satu Data Kota Cimahi. ( Foto : Bagdja)*
Pj Wali Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan melakukan penandatanganan Berita Acara kesepakatan Forum Satu Data tahun 2022 sebagai bentuk komitmen seluruh OPD untuk mendukung Satu Data Kota Cimahi. ( Foto : Bagdja)*

CIMAHI, JABAR POSKOTA.CO.ID.

Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Cimahi,  menyelenggarakan Forum Satu Data Kota Cimahi yang dihadiri para Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi, Perwakilan dari kabupaten/kota area Bandung Raya  di Hotel Holiday Inn, Pasteur, Kota Bandung, Selasa 6 Desember 2022.

Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, serta bisa dipertanggungjawabkan,  untuk mendukung proses pengambilan keputusan berbasis data.

Pj. Wali Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan yang hadir membuka kegiatan Forum Satu Data Kota Cimahi menyampaikan pentingnya data yang reliabel dalam agenda perencanaan pembangunan. Hal ini akan berlanjut pada berkurangnya risiko dari timbulnya inefisiensi atau pemborosan sumber daya yang tidak tepat sasaran.

"Dilaksanakannya forum satu data ini untuk memperkuat koordinasi pembina data, walidata, dan produsen data. Saya berharap dalam kegiatan ini  penyelenggaraan tata kelola data yang dihasilkan mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan dapat terwujud dengan baik sehingga dapat memberikan masukan yang baik dan akurat bagi perencanaan pembangunan” terangnya.

Dikdik, juga menegaskan pentingnya data. “Bad data bad decision, good data good decision, no data no decision”. Jelasnya.

Sementara Kepala Bappelitbangda Kota Cimahi Adet Chandra Purnama mengatakan maksud dan tujuan diadakannya Forum Satu Data ini  adalah sebagai  wadah komunikasi dan koordinasi untuk penyelenggaraan satu data.

“Selain itu juga memberikan acuan pelaksanaan dan pedoman dalam rangka penyelenggaraan tata kelola data untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan,” ujarnya.

Tujuan lainnya adalah mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan dan mendorong keterbukaan dan transparansi data sehingga tercipta perencanaan dan perumusan kebijakan pembangunan yang berbasis pada data.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan penandatanganan berita acara kesepakatan Forum Satu Data tahun 2022 sebagai bentuk komitmen seluruh OPD untuk mendukung Satu Data Kota Cimahi. Pada berita acara tersebut dilampirkan daftar data sebanyak 1.900 jumlah data di OPD dan 263 data di instansi lainnya.

Halaman
Contributor: Bagdja
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler