Kelurahan Melong Cimahi Selatan Prioritaskan CCTV dalam Bahasan Musrenbang

Kamis, 19 Januari 2023 01:27 WIB

Share
Susasana Musrenbang Kelurahan Melong
Susasana Musrenbang Kelurahan Melong


CIMAHI, JABAR.POSKOTA.CO.ID.
Kelurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan, setelah melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Kamis (12/1/2023) dan saat ini berlanjut melakukan pembahasan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang telah dibagi dalam lima bidang.

Kelima bidang itu masing-masing diketuai Sidkik Kamiran untuk Bidang Fisik, Ketua Bidang Pemerintahan Andang Rusmana, Ketua Bidang Ekonomi Asep Juhari, Ketua Bidang Sosial, Tatang Hermawan, Ketua Bidang Budaya Adegan Surya Perkasa, yang digelar di Aula Kelurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan, Rabu (18/1/2023).

Hadir dalam acara Musrenbang tersebut dari Perwakilan Pembinaan Wilayah, Ainul Yakin, Camat Cimahi Selatan Asep Jayadi, anggota DPRD Kota Cimahi Ehan Rochayati, Irma Indriyani, Perwakilan Bank BJB, Kahatex, Supratex, Ketu LPM, Puskesmas.

Seperti yang diungkapkan oleh lurah Melong Dian Rohimat, bahwa dasar pelaksanaan Musrenbang berdasarkan undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan Pembangunan Nasional, Peraturan Mentri Dalam Negeri nomor 86 tahun 2017 tentang tatacara perencanaan pengendalian evaluasi perencanaan peraturan daerah rencana pembangunan jangka panjang daerah dan menengah.

Juga berdasarkan Perda Kota Cimahi nomor 2 Tahun 2006 tentang sistem rencana pembangunan daerah Kota Cimahi juga berdasarkan Perda Kota Cimahi nomor 7 tahun 2022 tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023.

Ditambah dengan Peraturan Walikota nomor 77 tahun 2022 tentang penjabaran APBD Tahun anggaran 2023, juga berdasarkan Juklis pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan atau Musrembang Partisipatif kelurahan dan Kecamatan 2023. 

Selanjutnya menurut Dian dari maksud dan tujuan Musrenbang ini adalah untuk merumuskan persoalan rencana prioritas dan pelaksanaan swadaya masyarakat sebagai bahan untuk dibahas dalam Musrenbang Partisipatif di tingkat Kecamatan.

"Hal ini juga tujuannya untuk menampung musyawarah dari tingkat RW, selanjutnya juga menetapkan prioritas kelurahan yang akan dibiayai oleh APBD Kota maupun sifat dana lainnya, dan juga menetapkan skala prioritas Musrenbang yang akan di bahas di tingkat kecamatan," terang Dian.

Disamping itu kata Dian, bahkan pihaknya juga kedepannya untuk pejagaan fisik bagi Linmas Kelurahan Melong, "Pada bulan Maret akan ada pembinaan bela diri dari Satpol PP," katanya.

Bahkan tidak itu saja, ucap Dian kembali, selain dalam Musrenbang 2023 sebagai skala prioritasnya adalah pengajuan CCTV, 

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler