Indonesia Borong 36 Jet Tempur Canggih Dessault Rafale

Nasional —Senin, 1 Mar 2021 11:24
    Bagikan:  
Indonesia Borong 36 Jet Tempur Canggih Dessault Rafale
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG 

Mentri pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan rencana pengadaan 36 unit pesawat tempur canggih asal Perancis Dessault Rafele saat memberikan briefing dalam Rapim TNI di Mabes TNI di Cilangkap pada 16/02/21.Pesawat tempur rancangan Dessault Aviation memiliki banyak kelebihan, salah satunya dilengkapi beberapa radar canggih.

Dassault Rafale dijuluki sebagai Squall dalam Bahasa Inggris adalah pesawat tempur serbaguna generasi ke-4.5, bermesin dua, dan bersayap delta asal Prancis yang dibuat oleh Dassault Aviation. Rafale dirancang sebagai pesawat berpangkalan di daratan maupun di kapal induk. 

Saat ini sedang tahap proses penyelarasan antara TNI AU, Mabes TNI dan Kemenhan terkait dengan tipe pesawat yang dibutuhkan. Kemudian selain pesawat tempur TNI AU juga ingin memenuhi pemenuhan radar pertahanan, pesawat radar, pesawat pengangkut C130J, serta pesawat tanpa awak.

Image/Pinterest

BACA JUGA : Robot Militer Buatan Indonesia Tak Kalah Canggih

Indan menjelaskan pengadaan alutsista ini sudah masuk rencana strategi tahap keempat di 2020-2024. Harapan berbagai alutsista itu bisa hadir sebelum 2024 mendatang.

Informasi soal TNI AU akan kedatangan jet tempur baru F-15 EX dan Rafale diungkapkan oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

"Mulai tahun ini hingga tahun 2024, kita akan segera merealisasikan akuisisi berbagai alutsista modern secara bertahap. Beberapa di antara alutsista tersebut adalah pesawat multi-role combat aircraftF-15 EX dan Dassault Rafale, Radar GCI4, pesawat berkemampuan Airborne Early Warning, pesawat tanker yakni Multi Role Tanker Transport, pesawat angkut C-130 J, UCAV berkemampuan MALE dan berbagai alutsista lainnya," kata Fadjar Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo dalam keterangan resminya, Jumat (19/2/2021).

BACA JUGA : Indonesia Borong 36 Jet Tempur Canggih Dessault Rafale

Editor: Reza
    Bagikan: