Subsidi Internet Gratis, Kuota Belajar Maret hingga April 2021 Berubah, Berapa Jumlahnya?

Nasional —Senin, 1 Mar 2021 15:40
    Bagikan:  
Subsidi Internet Gratis, Kuota Belajar Maret hingga April 2021 Berubah, Berapa Jumlahnya?
Ilustrasi - Istimewa

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim memastikan subsidi kuota internet untuk menunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ) akan dilanjutkan tahun ini. Mendikbud mengatakan, subsidi akan diberikan pada bulan Maret hingga Mei 2021 mendatang.

"Bantuan subsidi kuota, kabar gembira akan dilanjutkan untuk bulan Maret, April, dan Mei 2021," kata nadiem dalam Rapat kerja Bersama Komisi X DPR, Rabu, (20/2/2021) yang disiarkan secara virtual di kanal YouTube Komisi X DPR RI Channel.

Hanya Saja, mekanisme kuota internet nanti akan berbeda dari tahun lalu. Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud, Nizam mengatakan pemerintah hanya akan menyediakan kuota utama saja, tidak ada kuota belajar.

BACA JUGA : Ramalan Zodiak Besok Selasa 2 Maret 2021, Leo Ingat Komitmen, Gemini Dapat Kejutan

Kuota utama atau  kuota umum yang bisa digunakan untuk mengakses seluruh platform internet. Tahun lalu, selain kuota umum, Kemendikbud juga menyediakan kuota belajar.Sedangkan kuota belajar hanya bisa digunakan untuk mengakses situs dan aplikasi tertentu penunjang PJJ, seperti situs web kampus, aplikasi belajar, dan platform video konferensi.

Untuk jumlah kuota yang dibagikan juga mengalami perubahan, Tahun lalu kuota belajar yang diberikan lebih besar dibanding kuota umum. Mulai jenjang PAUD hingga universitas, kuota umum yang diterima sama, yakni 5 GB

Kuota belajar untuk peserta didik PAUD sebesar 15 GB, lalu siswa pendidikan dasar dan menengah mendapat 35 GB. Sementara pendidik PAUD, SD, SMP, SMA, mendapat kuota belajar sebesar 37 GB. Sementara kuota belajar untuk mahasiswa dan dosen yang didapat adalah sebesar 45 GB.

BACA JUGA : Drama Korea Vincenzo Episode 5 Sub Indo, Jang Jun Woo Bos Besar Perusahaan Babel Sesungguhnya Terbongkar

Untuk Bulan Maret hingga mei 2021 Nizam tidak merinci berapa besaran kuota utama yang akan didapatkan. Ia hanya mengatakan, besaran kuota akan disesuaikan dengan kebutuhan.

Ketua Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), Merza Fachys, juga mengatakan bahwa besaran kuota belajar akan berubah. Merza mengatakan saat ini, pembicaraan mengenai besaran kuota masih dibicarakan ATSI dan Kemendikbud.

Kuota Gratis untuk penididikan ini juga diharapkan bisa untuk dimanfaatkan cesara bijak, karena pembagian Kuota umum ini tidak ada pembatasan aplikasi atau platform yang diakses melalui kuota utama.-Res/Berbagaisumber

 

 

 

Editor: Resti
    Bagikan:  


Berita Terkait