Kemdikbud Resmi Beri Kuota Gratis 2021

Pendidikan —Senin, 1 Mar 2021 15:59
    Bagikan:  
Kemdikbud Resmi Beri Kuota Gratis 2021
Image/https://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/

POSKOTAJABAR,BANDUNG 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbdud) memastikan program kuota gratis internet akan dilanjutkan. Kuota itu diberikan ke siswa PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, Kesetaraan, Mahasiswa Vokasi, Mahasiswa Akademik, Dosen Vokasi, Dosen Akademik, dan Guru.

Nadiem Makarim menyebutkan, kuota internet gratis bagi para peserta didik mulai PAUD sampai perguruan tinggi diberikan, namun dengan besaran berbeda-beda untuk tiap jenjang pendidikan dan ada perubahan dalam besaran kuota yang diberikan.

“Ada perbedaan kuota gratis dengan meningkatkan fleksibilitas. Giga lebih kecil namun kuota merupakan kuota umum sehingga bisa mengakses semua situs dan apilkasi,” ujar Nadiem Makarim dalam penjelasannya.

Image/Pinterest

BACA JUGA : Bantuan Kuota Dan Internet Gratis Dari Kemdikbud Akan Diumumkan Hari Ini

Selama ini bantuan kuota internet gratis yang diberikan dianggap tidak fleksibel oleh masyarakat, karena banyak materi ajar yang justru diunggah di laman yang tidak bisa diakses oleh kuota belajar dengan jumlah gigabyte sebesar itu.

Dengan keterbatasan tersebut, para siswa tidak bisa memanfaatkan kuota internet gratis yang diberikan Kemdikbud selama ini, sehingga dengan adanya perubahan dalam pemberian bantuan berupa kuota internet gratis Kemdikbud 2021, diharapkan fleksibiltas akses internet bagi siswa akan lebih luas.

Resiko penyalahgunaan pasti ada, sehingga Nadiem Makarim menegaskan, kuota internet gratis tersebut tidak bisa digunakan untuk membuka aplikasi hiburan seperti Tiktok atau Instagram.

Menurut Mendikbud, kuota internet gratis itu sekarang bisa digunakan untuk membuka Youtube, sehingga materi ajar yang sering diunggah ke laman tersebut bisa diakses dengan mudah, tanpa khawatir kuota umum akan tergerus habis.

BACA JUGA : Mang Koko, Seniman dengan Segudang Karya yang Jadi Pembaharu Karawitan Sunda

Karena itu hanya Youtube yang bisa dibuka, sementara aplikasi hiburan seperti Tiktok dan Instagram tidak bisa diakses karena tidak berhubungan dengan proses belajar mengajar.

Soal besaran kuota internet gratis 2021, Mendikbud menyebutkan dalam paparannya sebagai berikut:

  • Peserta didik usia dini (PAUD), akan mendapat bantuan kuota internet gratis sebesar 7GB per bulan.
  • Peserta didik jenjang dasar hingga menengah (SD,SMP, SMA dan sederajat), akan mendapat bantuan kuota internet gratis 10GB per bulan.
  • Para pendidik di jenjang dasar dan menengah, tiap bulan akan mendapat kuota internet gratis sebesar 12GB.
  • Bagi mahasiswa dan dosen, bantuan kuota internet gratis adalah sebesar 15GB tiap bulan.
  • Dengan begitu, tidak ada lagi kuota belajar dan kuota umum yang dipisah dalam bantuan kuota internet gratis Kemdikbud tersebut, karena semua
  • menjadi kuota utama dengan pembatasan akses terhadap laman dan aplikasi internet yang bersifat hiburan.

Hanya saja untuk kuota internet gratis tersebut tidak lagi bisa membuka Facebook, Twitter, Instagram, atau aplikasi lain yang bersifat hiburan dan tidak ada hubungannya dengan proses belajar mengajar.

BACA JUGA : Albert Rudolf Bosscha, Sang Peneropong Bintang yang Bijaksana dan Murah Hati

Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan, bantuan kuota internet gratis tersebut akan diberikan tanggal 11-15 tiap bulan, dan masa berlaku kuota adalah 30 hari sejak bantuan diterima dan diaktifkan oleh masyarakat.

Dengan demikian, resmi sudah pemerintah kembali memberikan bantuan kuota internet gratis untuk mendukung program belajar mengajar, yang disampaikan Mendikbud Nadiem Makarim.

BACA JUGA : Kemdikbud Resmi Beri Kuota Gratis 2021

Editor: Reza
    Bagikan: