Ini Sederet Fakta Menarik Sun Go Kong, Si Kera Sakti Idola Anak 90-an

Gaya Hidup —Senin, 1 Mar 2021 16:03
    Bagikan:  
Ini Sederet Fakta Menarik Sun Go Kong, Si Kera Sakti Idola Anak 90-an
(Foto: Pinterest.com)

POSKOTA JABAR, BANDUNG

Jika kamua adalah anak yang lahir atau tumbuh pada era 90-an tentu tak asing lagi dengan serial asal Hongkong bertajuk ‘Kera Sakti’. Kisahnya sendiri menceritakan tentang petualangan Biksu Tong beserta muridnya yang terdiri dari Sun Go Kong, Chu Pat Kai dan Adik Sha.

Pada masanya, serial tersebut benar-benar fenomenal. Mungkin kamu juga salah satu penggemar yang tak pernah sekalipun ketinggalan untuk menonton episodenya. Selain tiap episodenya menceritakan cerita tentang petualangan seru, komedi yang membumbui Kera Sakti ini membuat cerita serial ini jadi tidak membosankan.

Dari semua tokoh yang ada dalam serial tersebut, hanya Sun Go Kong yang paling banyak penggemarnya. Tentu bukan tanpa alasan, Sun Go Kong mempunyai banyak kehebatan. Berikut ini fakta menarik tentang si Kera Sakti.

BACA JUGA: Mang Koko, Seniman dengan Segudang Karya yang Jadi Pembaharu Karawitan Sunda

Mempunyai tongkat sakti

Sebagai pelengkap bela diri, Go Kong juga punya tongkat sakti yang bisa mengecil seperti jarum—bahkan bisa disimpan dalam telinga. Tongkat tersebut juga bisa membesar seukuran tiang raksasa. Go Kong mendapatkan senjata itu dari hasil merampas ‘Tiang yang Menenangkan Lautan’. Awalnya, saat pertama kali didekati, tongkat tersebut bersinar seolah-olah menyukai Go Kong.

Tiang tersebut juga memperbolehkan Go Kong menggunakannya sebagai senjata dan menyimpannya dalam telinga saat ukurannya sebesar jarum jahit. Tongkat tersebut merasa menemukan pemiliknya. Meski demikian, bukan berarti isi lautan setuju saat penyangga lautan dibawa pergi.

Karena tetap memutuskan untuk merampas tongkat itu, akhirnya huru-hara terjadi di lautan, hal itu karena para makhluk laut ketakutan akibat tidak ada benda yang mengawal pasang surut di lautan.

BACA JUGA: Mengungkap Sisi Lain Dono Warkop yang Paradoks, Mulai dari Dosen, Aktivis, dan Penulis

Menguasai Ilmu 72 Perubahan

Guru Tong, dikenal karena kewibawaan dan ketampanannya, tapi kepopulerannya tentu berada di bawah Sun Go Kong. Kenapa? Mungkin salah satunya karena guru Tong tidak mepunyai kehebatan seperti yang Sung Go Kong miliki, termasuk kemampuan dalam berubah bentuk menjadi apapun yang dia inginkan. Ilmu yang biasa disebut dengan 72 perubahan itu awalnya dipelajarinya di sebuah perguruan yang mempertemukannya dengan Putri Kipas dan juga Raja Kerbau, mereka pun akhirnya jadi saudara seperguruan. Dan ternyata Go Kong bisa dengan cepat menguasainya. Selain bisa berubah menjadi bermacam-macam bentuk, ia pun mampu mengkloningkan dirinya menjadi banyak.

Lahir dari batu

Menurut cerita dari kepercayaan Buddha, Sun Go Kong sendiri adalah seekor kera yang terlahir dari batu yang bernama Hanzi. Bukan terlahir dari seorang ibu, tiba-tiba sebuah batu besar di muka bumi pecah dan lahirlah dia. Selain ajaib, kera ini nakal namun sakti mandraguna. Konon katanya itu dari hasil ekstrak ribuan tahun sinar Matahari dan Bulan.

Bulu di tubuhnya bisa berubah jadi makhluk atau benda

Konon, dalam tubuh Go Kong terdapat 84.000 helai bulu yang bisa dirubah jadi berbagai macam bentuk dan makhluk. Dengan segenap kehebatan itu, mudah saja bagi Go Kong meninggalkan gurunya dan mencari kesenangannya sendiri. Tapi jangan lupa kalau di kepalanya ada sebuah mahkota yang bakal bereaksi dengan bacaan-bacaan mantra dari sang guru. Tiap kali Go Kong melakukan kenakalan, langsung dibacakan mantra yang bikin Go Kong sakit kepala. Jurus andalan tersebut yang akhirnya bisa membuat Go Kong menjadi kembali baik. (ES)

BACA JUGA: Ini Sederet Fakta Menarik Sun Go Kong, Si Kera Sakti Idola Anak 90-an

 

Editor: Edi
    Bagikan: