BARS Aplikasi Pesaing TikTok Dari Facebook

Pendidikan —Senin, 1 Mar 2021 16:42
    Bagikan:  
BARS Aplikasi Pesaing TikTok Dari Facebook
Image/Facebook

POSKOTAJABAR,BANDUNG 

BARS sebuah aplikasi eksperimen baru dari tim NPE (Facebook New Product Experimentation) resmi diluncurkan. Menurut penuturan Facebook, aplikasi ini ditujukan bagi pengguna millenial yang doyan menyanyikan lagu bergenre hip hop atau rap.

Sama seperti TikTok, pengguna BARS bisa merekam sebuah video pendek yang disertai dengan iringan musik atau lagu. Bedanya, aplikasi ini menawarkan aneka lagu favorit dari sejumlah rapper ternama.

Dilansir dari The Verge, Senin (1/3/2021), Aplikasi baru besutan Facebook ini ditujukan bagi pengguna yang senang menyanyikan lagu bergenre hip hop atau rap. Pengguna bisa membagikan hasil video rap, memposting ke akun media sosial lain, atau hanya menyimpannya di ponsel.

Facebook mengklaim rekaman yang dibuat melalui aplikasi BARS bakal memiliki kualitas yang setara dengan hasil rekaman studio.

"Alat produksi audio bisa jadi rumit, mahal dan sulit digunakan. Dengan Bars, Anda dapat memilih salah satu beat kami yang dibuat secara profesional, menulis lirik, dan merekam diri Anda sendiri," kata Manajer Komunitas Bars DJ Iyer dalam sebuah postingan blog.

TechCrunch

BACA JUGA : Kemdikbud Resmi Beri Kuota Gratis 2021

Meski demikian, belum jelas apa saja fitur-fitur yang ada di aplikasi ini secara lengkap. Namun, melihat tampilan awal aplikasi BARS, terdapat sejumlah fitur ala TikTok, seperti "Featured" dan "New" yang serupa dengan "Following" dan "For You". Artinya, pengguna kemungkinan bisa menelusuri berbagai konten BARS lainnya dengan cara mengusap layar ke atas (swipe up) atau ke bawah (swipe down).

Untuk ketersediaan, saat ini BARS baru tersedia di toko aplikasi Apple App Store (iOS) region Amerika Serikat dan masih dalam tahap uji coba, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Senin (1/3/2021). Sebagai informasi, selain BARS, Facebook juga punya aplikasi berbasis musik lain yang bernama Lasso dan Collab yang fitur-fiturnya kurang lebih mirip aplikasi TikTok. Lasso sendiri sudah ditutup pada pertengahan 2020 lalu setelah diuji coba sekitar kurang lebih 2 tahun.

Alasannya konon karena Facebook ingin lebih fokus ke fitur Reels di Instagram, sebuah fitur perekaman video pendek yang juga mirip fitur utama TikTok. Adapun Collab hingga saat ini masih dalam versi beta dan hanya tersedia bagi sekelumit pengguna iOS.

BACA JUGA : BARS Aplikasi Pesaing TikTok Dari Facebook


Editor: Reza
    Bagikan: