Menu Sarapan Pagi, Resep Burgo Makanan Khas Daerah Palembang Gurih dan Kenyal

Makanan —Selasa, 2 Mar 2021 07:26
    Bagikan:  
Menu Sarapan Pagi, Resep Burgo Makanan Khas Daerah Palembang Gurih dan Kenyal
Burgo makanan khas Palembang- Creativv

POSKOTAJABAR BANDUNG

Jika kamu mencari menu sarapan yang spesial kota Palembang memiliki makanan khas yang cocok banget untuk dijadikan meny sarapan pagi yang enak dan unik, apalagi kalau bukan makanan khas Kota Palembang, Burgo

Burgo merupakan sajian khas Palembang yang sering disajikan untuk sarapan pagi masyarakatnya disana.Sekilas makanan ini mirip dengan kwetiaw karena bentuknya yang tipis. Bagi masyarakat awam, sepintas Burgo akan terlihat seperti lontong sayur dengan rendaman kuah santan.

Tapi saat anda mengamati lebih dekat dan mulai menikmatinya, maka ada perbedaan yang mencolok dari kuliner ini. Potongan putih yang terlihat seperti lontong, ternyata adalah potongan dari olahan berbahan dasar tepung beras dan tepung sagu yang dibentuk mirip dadar gulung.

Baca Juga : Sinopsis Ikatan Cinta selasa 2 Maret 2021 Al dan Andin Romantis, Angga dan Rafael memperebutkan Michelle

Bentukan dadar gulung ini yang kemudian diiris-iris untuk kemudian dinikmati dengan kuah santan.nah untuk menikmati sajian Burgo kamu tidak harus datang jauh jauh ke palembang, kali ini kami akan bagikan resep membuat Burgo yang bisa kamu coba sendiri dirumah. 

Tepung beras - 125 gram

Tapioka - 30 gram

Garam - 1/2 sdt

Air mendidih - 200 ml

Air matang biasa - 250 ml

Kuah: 

Udang rebon - 50 gram

Santan - 500 ml

Lengkuas, geprek - 4 cm

Serai, ambil bagian putihnya dan geprek - 1 batang

Daun salam - 1 lembar

Daun jeruk - 2 lembar

Garam - secukupnya

Gula pasir - secukupnya

Kaldu bubuk - secukupnya

Bumbu Halus : 

Bawang merah - 5 siung

Bawang putih - 2 siung

Merica - 1 sdt

Ketumbar, sangrai - 1 sdt

Kemiri, sangrai - 2 butir

Jahe - 1 ruas

Kunyit - 1 ruas

Baca Juga : Dua Pelaku Penyebar Video Syur Gabirella Larasati telah Ditangkap

Cara Membuatnya 

1. Campur tepung beras, tapioka dan garam. Tuang sedikit demi sedikit air mendidih, terus diaduk rata.Tambahkan air matang biasa, kembali aduk hingga adonan mulus dan tidak bergerindil.

 Olesi loyang persegi ukuran 30x30 cm dengan minyak goreng. Kukus adonan 5 menit.Setelah matang, gulung adonan dari ujung (sisi terdekat dengan kita). Sisihkan.

2.Tumis bumbu halus bersama udang rebon, daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas hingga matang serta harum.Tambahkan santan, gula pasir, kaldu bubuk dan garam. Aduk rata dan koreksi rasanya.

Penyajian :

Potong dadar, tata di piring.Siram dengan kuah santan, Sajikan bersama telur rebus dan taburan bawang goreng.Burgo siap di santap- RES

Editor: Resti
    Bagikan:  


Berita Terkait