Bulan Februari, BPBD Mencatat Delapan Bencana Terjadi di Kota Sukabumi

Jawa Barat —Selasa, 2 Mar 2021 14:40
    Bagikan:  
 Bulan Februari, BPBD  Mencatat Delapan Bencana Terjadi di Kota Sukabumi
Petugas BPBD saat menangani Tebing setinggi 3 meter dengan panjang 15 meter di RT5/RW5 Kelurahan Sindangpalay, Kecamatan Cibereum,Kota Sukabumi. (foto:doc)

POSKOTAJABAR,SUKABUMI.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi mencatat sebanyak delapan bencana  yang terjadi selama  Februari 2021, dengan total kerugian mencapai sekitar Rp 192 juta.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami, mejelaskan, ke delapan bencana itu tersebar di beberapa wilayah dengan berbagai jenis bencana yang berbebeda.

"Bencana tersebut tercatat sejak tanggal 3 hingga 24 Februari 2021. Diantaranya terjadi di Kecamatan Cikole, Gunungpuyuh, Cibereum, dan Lembursitu,"ujar dia, saat diwawancarai, Selasa (02/30/2021).

Untuk jenis bencana, lanjut Zulkarnaen, terdiri dari, tanah longsor, kebakaran pemukiman, dan cuaca ekstrim. Seperti halnya bencana yang terjadi di Kecamatan Ciberem pada tanggal 3 Januari lalu, jenis bencanya tanah longsor yang diakibatkan oleh hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut dengan intensitas tinggi dan kondisi tanah yang labil.

BACA JUGA : Sempat Deg-degan, Ade Supriadi Mengaku Tak Merasakan Efek Samping Usai Divaksin


Kebakaran Akibat Korsleting Listrik
Kemudian, sambung Zulkarnaen, kebakaran pemukiman warga terjadi di Kecamatan Gunung Puyuh pada  8 Februari 2021. Tepatnya di Kampun Tanjungsari, RT 2/RW 2, Kelurahan Karangtengah, Kecapatan Gungungpuyuh, kebakaran tersebut diduga akibat konsleting listrik. Akibatnya, satu unit kamar kos - kosan beserta perabotannya hangus terbakar, dengan kerugian mencapai Rp 7.500.000.

"Bencana serupa terjadi di Jln Kaswari, Kelurahan Salabatu, Kecamatan Cikole, pada tanggal 23 Februari. Mengakibatkan satu unit rumah permanent bagian lantai dua terbakar, taksiran kerugian mencapai sekitar Rp 50 juta,"katanya.

Sedangkan untuk bencana berupa cuaca ekstrim terjadi di Kecamatan Lembursitu dan Gunungpuyuh. Di Kecamatan Lembur situ terjadi dua kali bencana cuaca ekstrim dengan lokasi berbeda yakni, pada tanggal 9 Februari di Kampung Saluyu, kelurahan Situ mekar, yang mengakibatkan satu unit runah robohndan mengalami keruksakan pada bagian atap, kerugian ditaksir mencapai Rp 65 juta.

Kemudian, pada tanggal 20 Februari di Kelurahan Lembursitu JLN. Pelabuhan II, satu rumah semi permanen ambruk akibat angin kencang yang terjadi di wilayah tersebut sejak siang hingga sore hari, kerugian mencapai sekitar Rp 5 juta.

"Bencana cuaca ekstrim di Kecamatan Gunungpuyuh terjadi pada 24 Februari,  mengakibatkan atap sebuah rumah ruksak, dengan kerugian sekitar Rp 5 Juta,"pungkasnya. (Hendra)


BACA JUGA :  Bulan Februari, BPBD  Mencatat Delapan Bencana Terjadi di Kota Sukabumi

Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait