Resep Makanan Enak, Cara Membuat Kue Ape Makanan Khas Jakarta yang Renyah dan Manis

Makanan —Selasa, 2 Mar 2021 15:45
    Bagikan:  
Resep Makanan Enak, Cara Membuat Kue Ape Makanan Khas Jakarta yang Renyah dan Manis
kue Ape - Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Kue Ape adalah salah satu kue tradisional Betawi. Kue ini memiliki bentuk yang  mirip dengan kue cucur pandan atau serabi Solo . Kue ini memiliki tekstur garing dan renyah di bagian pinggirnya yang terbuat dari pandan sehingga berwarna hijau.

Kue ape biasanya dijual dengan gerobak yang sering kita jumpai di pinggir jalan. Berdasarkan sejarah, nama kue ini berasal dari tanya jawab di antara penjual dan pembelinya. Kue apa (ape: dalam dialek Betawi)

Di daerahnya kue ini sangat populer dan digemari banyak orang. Meskipun berasal dari daerah Betawi, tetapi kue ini sudah banyak dijual di daerah lainnya. Biasanya kue ini di jual di pinggir jalan atau depan sekolah. Yang mana anak-anak biasanya antusias dengan kue yang satu ini.

BACA JUGA: Karakter Song Joong Ki Sebagai Vincenzo Cassano, Pengacara Berhati Dingin ‘Dark Hero’ dalam Drama Korea Vincenzo

Untuk membuat kue ini cukup mudah. Anda tinggal menggunakan  wajan cekung berukuran kecil sebagai cetakannya.  Berikut cara membuat kue Ape yang dilansir dari teras Jakarta :

Bahan Bahan

200 gram tepung beras

1 sendok teh baking powder

100 gram tepung terigu protein sedang

400 ml air

25 ml air daun suji yang diperoleh dari 25 lembar daun suji serta 2 lembar daun pandan

1/2 sendok teh garam

8 tetes pasta pandan

175 gram gula pasir

BACA JUGA : Ramalan Zodiak Karier Besok Rabu 3 Maret 2021, Virgo Rencana Panjang, Leo Buat Keputusan

Cara Membuat

  1. siapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat aodnan. Apabila wadah sudah siap, campurkan bahan bahan seperti tepung terigu, tepung beras, baking powder dan garam. Aduk-aduk semua bahan tersebut sampai merata.
  2. Setelah itu, masukan gula. Lalu tambahkan setengah dari air yang sudah anda siapkan sedikit demi sedikit sambil diuleni dengan menggunakan tangan selama kurang lebih 15 menit. Uleni bahan-bahan tersebut sampai merata.
  3. Selanjutnya, masukan sisa air. Tambahkan juga air daun suji sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai merata dan menyatu. Jika sudah, diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam hingga adonan mengembang dua kali lipat.
  4. Nyalakan kompor dengan api besar. Lalu simpan wajan khusus kue ape di atasnya. Olesi wajan tersebut dengan menggunakan minyak.
  5. Kemudian, tuangkan adonan yang sudah anda olah tadi. Tekan bagian tengah kue ini sampai sisinya berkulit, lalu tutup. Kecilkan api kompor dan tunggu hingga kue ape ini benar-benar matang. Jika kue ape ini sudah matang, anda bisa langsung mengangkat dan kemudian menyajikannya pada tempat saji. Kue ape pandan sudah siap dinikmati. ***
Editor: Resti
    Bagikan:  


Berita Terkait