Langkah Cepat Bupati Nina Agustina Atasi Pasien Darurat Cukup Telepon 119

Jawa Barat —Selasa, 2 Mar 2021 17:35
    Bagikan:  
 Langkah Cepat Bupati Nina Agustina  Atasi Pasien Darurat Cukup Telepon 119
Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina Da’i Bachtiar mendengarkan penjelasan Kepala Puskesmas Margadadi didampingi Kadinkes dr. Deden Bonni Koswara. (foto:Yan)

POSKOTAJABAT, INDRAMAYU.

Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina Da’i Bachtiar membuat gebrakan baru menangani pasien gawat darurat yang membutuhkan pertolongan medis dengan cepat.  

Cukup telepon Call Center 119 atau 081119119444, seketika  Dinas Kesehatan Indramayu akan menugaskan tenaga medis datang  ke rumah. Program baru ini dikenalkan dengan nama Dokmaru alias Dokter Masuk Rumah.

Program Dokmaru ini bukan program asal-asalan,  tapi benar-benar program cespleng alias nyata dan  tepat sasaran. Ketika inspeksi mendadak (Sidak) ke beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina mendadak mendatangi kediaman Muhamad Alif Al Fattah, balita usia 3 tahun menderita tumor stadium III, di Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Indramayu.  

BACA JUGA : Setelah Enam Jam Pencarian,  Tim SAR Gabungan Berhasil Temukan Nelayan Pangandaran yang Hilang


Bertemu Muhamad Alief

Kunjungan  Bupati Hj. Nina Agustina Da’i Bachtiar itu memang di luar protokoler. Ia hanya ditemani ajudan dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu dr.Deden Bonni Koswara.

Setelah menelusuri jalan kecil atau  Gang  21 di Jalan Letjen Suprapto Indramayu,  bupati bertemu Muhamad Alief yang kondisinya memprihatinkan dan butuh pertolongan. Perut balita  tersebut membesar, sehingga membuatnya kesulitan bernafas dan  bergerak.

 Menurut neneknya, Sofiah, 48, Alief divonis dokter menderita tumor yang sudah menyebar ke ginjalnya, sehingga membuat perutnya membusung. Hal ini terjadi sejak Alief lahir.

 Setelah mendapat izin pada orang tua Alief, tanpa banyak berkata-kata, Bupati Nina langsung membawa Alief ke RSUD Indramayu guna mendapatkan pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut.

“Kondisi perutnya terus membesar. Ini harus segera ditangani, kasihan kondisinya, dan akan kita tanggung biaya perawatannya sesuai prosedur yang ada,” katanya.  

BACA JUGA : Sempat Deg-degan, Ade Supriadi Mengaku Tak Merasakan Efek Samping Usai Divaksin


Delapan Program Unggulan

Bupati Nina dalam merespon salah satu warga Indramayu  yang tertimpa musibah cukup terpuji. Langkah ini merupakan upaya mewujudkan salah satu program dari Delapan Program Unggulan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu terpilih  Nina Agustina dan Lucky Hakim yakni Program Dokter Masuk Rumah (Dokmaru).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara menjelaskan, Dokmaru akan menjadi jawaban cepat (quick respon) dalam penanganan kesehatan, terutama yang sangat membutuhkan. Deden mengatakan, dalam implementasinya, Dokmaru menjadi Public Safety Centre (PSC) 119 yang nantinya ada di Dinas Kesehatan Indramayu. PSC 119 adalah call centre untuk layanan cepat tanggap darurat kesehatan.

 Lebih lanjut Deden menerangkan, Dinas Kesehatan, Puskesmas, dan Rumah Sakit Umum Daerah di Kabupaten Indramayu akan saling terkoneksi dengan adanya call centre tersebut.    

“Pada tahun 2021 ini, secara bertahap, akan terhubung dengan sistem program unggulan Dokmaru  guna menangani aduan dan keluhan permasalahan kesehatan di Kabupaten Indramayu,” jelasnya. (Yan)


BACA JUGA :  Langkah Cepat Bupati Nina Agustina  Atasi Pasien Darurat Cukup Telepon 119

Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait