Material yang Digunakan untuk Memperbaiki Tanggul Sungai Cipanas Terkesan Keren dan Kekinian

Jawa Barat —Selasa, 2 Mar 2021 18:16
    Bagikan:  
Material yang Digunakan untuk Memperbaiki Tanggul Sungai Cipanas Terkesan Keren dan Kekinian
Perbaikan tanggul sungai Cipanas yang jebol di Desa Puntang yang menyebabkan banjir di beberapa desa di Kecamatan Losarang, Indramayu dinyatakan selesai. (foto:Yan)

POSKOTAJABAR, INDRAMAYU.

Sungai Cipanas dahulu kurang diperhitungkan. Hal itu disebabkan karena selain debit airnya tak terlalu besar,  dibandingkan debit air sungai Cimanuk juga seringkali sumber airnya kering pada musim kemarau.  

Belakangan, sungai Cipanas tampak populer. Itu karena dalam bulan Februari 2021 saja telah 3 kali mengalami jebol sehingga masyarakat di sejumlah desa di Kecamatan Losarang dibikin meriang.

Banjir akibat jebolnya tanggul sungai Cipanas menyebabkan kerugian sangat besar yang diderita masyarakat khususnya petambak, petani dan warga  yang memiliki  rumahnya rusak.      

Tanggul sungai Cipanas yang jebol kini sudah selesai ditangani BBWSCC (Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung). Yang membuat perbaikan tanggul sungai Cipanas terkesan keren dan kekinian adalah digunakannya material  jumbo box untuk mengatasi tanggul keropos dan geotextile agar tanggul tidak mudah tergerus arus air.   

BACA JUGA :  Langkah Cepat Bupati Nina Agustina  Atasi Pasien Darurat Cukup Telepon 119

 

Perbaikan Tanggul Sungai Cipanas

Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung, Ismail Widadi menyampaikan, perbaikan tanggul Sungai Cipanas yang jebol diawasi Direktorat Sungai dan Pantai Kementerian PekerjaanUmum dan Penataan Ruang.  Pekerjaannya dipantau langsung hingga tuntas. “Ini merupakan atensi dari Pak Menteri PUPR,” jelasnya.   

Perbaikan tanggul sungai Cipanas yang jebol di Blok Widara, Desa Puntang, Kecamatan Losarang dilaksanakan  BBWSCC bersama kontraktor PT BrantasAbipraya mengerahkan 4 unit excavator dan memasang jumbo box.  

 “Standar kita menangani tanggul jebol menggunakan jumbo box. Sebelumnya hanya menggunakan  karung biasa sehingga  tanggul mudah keropos,” kata Ismail.   

 Setelah tertutup tanggulnya secara darurat selanjutnya akan dilakukan pemasangan geotextile supaya tanggul tidak mudah tergerus arus sungai.     Ia mengimbau masyarakat agar tidak memasang pipa-pipa air di tanggul sungai Cipanas untuk pertanian, apalagi pemasangan pipa air itu  yang tidak sesuai teknis sehingga menimbulkan tanggul rentan keropos dan jebol. (Yan) 

 

BACA JUGA : Material yang Digunakan untuk Memperbaiki Tanggul Sungai Cipanas Terkesan Keren dan Kekinian

Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait