Corona Ulang Tahun, Hari Ini Tepat Setahun Pandemi Covid-19 di Indonesia

Nasional —Selasa, 2 Mar 2021 19:04
    Bagikan:  
Corona Ulang Tahun, Hari Ini Tepat Setahun Pandemi Covid-19 di Indonesia
Ilustrasi pinterest

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Corona alias covid 19 ulang tahun. Tahun lalu Tepat tanggal 2 Maret 2020. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan Indonesia positif terjangkit covid 19. 

Pada hariI itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan ada dua orang Indonesia positif terjangkit virus Corona yakni perempuan berusia 31 tahun dan ibu berusia 64 tahun.

Kasus pertama tersebut diduga berawal dari pertemuan perempuan 31 tahun itu dengan WN Jepang yang masuk ke wilayah Indonesia. Pertemuan terjadi di sebuah klub dansa di Jakarta pada 14 Februari.

Baca juga : Ikatan Cinta Malam Ini Aldebaran dan Andin Bulan Madu

Wabah virus Corona ini bermula dari Wuhan, Provinsi Hubei, China, pada Desember 2019. Wabah ini mengalami fase puncaknya pada Januari 2020.

Sejumlah negara di Asia Tenggara atau anggota ASEAN lantas mulai melaporkan kasus pertama Corona. Kasus pertama yang dilaporkan ini ialah kasus impor dari Wuhan.

Namun muncul dugaan bahwa 2 kasus itu bukan kasus pertama. Tim pakar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) memprediksi virus Corona telah masuk ke Indonesia sejak minggu ke-3 Januari 2020.

Baca juga : Pengumuman Prakerja Gelombang 12 , Lolos Atau Tidak Ini Cara Lihatnya

Prediksi itu berdasarkan pada laporan kasus orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) di salah satu daerah sejak minggu ke-3 Januari 2020.

Mulai banyaknya kasus covid-19 mau tak mau membuat pemerintah akhirnya mulai waspada. Meski sebelumnya terkesan meremehkan. Dan tidak memberlakukan lock down dibeberapa daerah.

Akhirnya PSBB diterapkan pertama kali pada 10 April, selang sebulan sejak dua kasus Covid-19 pertama ditemukan awal Maret. Sejumlah fasilitas umum pun ditutup, kegiatan sekolah dan perkantoran dilakukan dari rumah, pembatasan transportasi, dan hanya mengizinkan 11 sektor untuk beroperasi selama PSBB.*** 


Editor: Resti
    Bagikan:  


Berita Terkait