Begini Cara Ganti E-KTP Yang Rusak Cukup Dengan HP

Pendidikan —Rabu, 3 Mar 2021 14:27
    Bagikan:  
Begini Cara Ganti E-KTP Yang Rusak Cukup Dengan HP
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG 

E-KTP rusak kerap menjadi persoalan warga. Tetapi sebagian orang malas dan tidak mau ambil pusing untuk menggurus penggantian karena takut urusannya berbelit-belit dan lama. Akhirnya, seringkali orang memanfaatkan jasa calo untuk mengurus kartu identitas diri tersebut.

Sekarang pengurusan e-KTP rusak atau hilang tak perlu lagi datang ke kantor Kecamatan atau Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), penggantian e-KTP rusak atau hilang bisa dilakukan secara online, bahkan hanya melalui ponsel.

Warga cukup menunggu dirumah saja apabila e-KTP yang baru sudah jadi akan diantar lewat jasa pengiriman JNE. 

BACA JUGA : Hati-Hati Penipuan ! Waspada Situs Palsu Pendaftaran Prakerja

Jadi caranya silahkan hubungi Hotline service satgas Pamor di RW tempat tinggal untuk diajukan penggantian e-KTP apabila ada kerusakan atau kehilangan melalui aplikasi e-open Disdukcapil. Sedangkan untuk e-KTP yang hilang cukup difoto surat kehilangan dari kepolisian dan KK asli kemudian dikirim ke nomor tersebut.

Sistem digital yang berlaku saat ini diklaim lebih memudahkan masyarakat serta membuat proses penggantian e-KTP menjadi lebih cepat dan efisien.

Adapun proses penggantian juga tidak memerlukan waktu hingga berhari-hari, apalagi hitungan bulan. Warga bukan lagi mendapat surat keterangan, namun fisik e-KTP yang baru. 

BACA JUGA : Begini Cara Ganti E-KTP Yang Rusak Cukup Dengan HP

Editor: Reza
    Bagikan: