Segudang Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan dan Kesehatan, Bisa untuk Obat Jerawat Alami

Kesehatan —Rabu, 3 Mar 2021 19:23
    Bagikan:  
Segudang Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan dan Kesehatan, Bisa untuk Obat Jerawat Alami
Cuka Apel - Alodokter

POSKOTAJABAR, BANDUNG

Tahukan kamu apa cuka apel itu?Cuka apel merupakan hasil fermentasi dari jus apel. Ragi dari proses fermentasi membuat gula di dalam jus apel berubah menjadi alkohol yang berperan sebagai asam asetat.

 Kandungan ini memberikan beragam manfaat cuka apel untuk kesehatan dan kecantikan. Namun harus menggunakan resep yang sesuai agar tidak berlebihan dan malah memiliki dampak buruk.

Dibeberapa negara cuka apel juga digunakan untuk kesehatan dan kecantikan yang ternyata mengandung banyak manfaat, bagi anda yang kurang familiar terhadap cuka apel anda bisa menemukan nya di apotek.

Baca Juga : Makanan yang Cocok Berdasarkan Golongan Darah

Berikut ini beberapa manfaat dan kasiat cuka apel, untuk kesehatan dan kecantikan 

1.Manfaat Cuka Apel untuk Rambut

Menurut artikel yang dilansir Boldsky, berikut ini manfaat cuka apel untuk rambut:

Menjaga keseimbangan pH kulit kepala

Mengatasi ketombe

Menjadikan rambut berkilau

Menjaga Keseimbangan pH Kulit Kepala

Tahukah Anda, pH yang seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit Anda. pH yang tidak seimbang menyebabkan ketombe di kulit kepala dan berbagai masalah kulit lainnya. Keseimbangan pH ini juga penting untuk mencegah timbulnya jerawat. Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:2, kemudian gunakan untuk toner wajah agar kulit sehat terawat.

Baca Juga : RESEP Nasi Kari Hamburg Ala Jepang

2. Untuk wajah anda 

Menurut artikel lansiran StyleCraze, manfaat cuka apel buat wajah antara lain:

Mengatasi jerawat

Membersihkan pori-pori

Mengencangkan kulit

Melancarkan sirkulasi darah

Memudarkan Bekas Jerawat.

Sementara manfaat lain cuka apel untuk kesehatan diantaranya adalah

1. Untuk diet

Menurut artikel yang dilansir Boldsky, diet dengan cuka apel akan membantu proses pembakaran lemak. Menurut penelitian di European Journal of Clinical Nutrition, cuka sari apel membantu mengurangi jumlah kalori makanan yang Anda konsumsi sebanyak 200 hingga 75 kalori.

Minum cuka apel di pagi hari efektif untuk menekan nafsu makan yang pada gilirannya dapat membantu menurunkan berat badan. Itu karena senyawa pectin yang dimiliki cuka apel.

2.Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Pektin yang ada di dalam cuka apel bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan. Selain itu mengonsumsi salad sayuran yang disiram dengan cuka apel juga baik untuk membersihkan pencernaan Anda.

Baca Juga : Ramalan Zodiak Besok Kamis 4 Maret 2021 Lengkap

3.Meningkatkan Energi

Mengonsumsi cuka apel di pagi hari dapat menjadi alternatif bagi Anda yang terbiasa mengonsumsi kopi untuk mendapatkan suntikan energi. Anda dapat mengonsumsi segelas penuh air yang dicampur dengan cuka apel sebagai minuman sehat pengganti kopi.

4.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Cuka apel kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu jika Anda sudah sakit, mengonsumsi cuka apel yang dicampur dengan madu dan air perasan jeruk lemon mampu meringankan penyakit pilek dan demam yang Anda derita.

5. Menghilangkan Kutil

Anda mempunyai kutil yang mengganggu dan ingin menghilangkannya? Anda dapat menghilangkannya dengan cuka apel. Caranya adalah dengan mengompres kutil dengan kapas yang sebelumnya telah direndam ke dalam cuka apel.

Demikian aneka manfaat cuka apel untuk kecantikan dan kesehatan. Semoga informasi di artikel ini bermanfaat untuk Anda.RES/Berbagai sumber

Editor: Resti
    Bagikan:  


Berita Terkait