Jajaran Polda Jabar Mengamankan 249 Pelaku Curanmor dan 342 Kendaraan Hasil Curian

Kriminal —Kamis, 4 Mar 2021 14:40
    Bagikan:  
Jajaran Polda Jabar Mengamankan 249 Pelaku Curanmor dan 342 Kendaraan Hasil Curian
Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol. Erdi A. Chaniago, mengungkapkan penangkapan pelaku curanmor bersama barang bukti pada Konferensi Pers di Mapolda Jabar, Kamis (04/03/2021). (Le)

POSKOTAJABAR, BANDUNG. 

Jajaran Polda Jawa Barat (Jabar) mengamankan 249 pelaku kejahatan dan 342 kendaraan terdiri dari 322 unit kendaraan roda dua, 19 Kendaraan roda empat dan 1 unit kendaraan roda 6 dari pelaku kejahatan. Kendaraan  yang diamankan itu, merupakan hasil Operasi Kejahatan Kendaraan Lodaya 2021 dan Jajaran Polres se-Polda Jabar.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol. Erdi A Chaniago, mengatakan, modus kejahatan para pelaku dalam melakukan aksinya dengan membobol lubang kunci dengan menggunakan kunci leter T.

"Para pelaku dalam menjalankan aksinya pada pukul 24.00 WIB sampai Jam 06.00 WIB. Mereka mencuri dengan menggunakan kunci astag, membobol jendela atau pintu rumah, kemudian mengambil kunci kendaraan. Ada juga yang melakukan perampasan," ungkap Erdi, saat memimpin Konferensi Pers di Mapolda Jabar, Kamis ()4/03/2021).

BACA JUGA:  Sebanyak lima rumah di Bojongkoneng Kabupaten Bogor Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Erdi menjelaskan, tersangka yang kini diamankan sekitar 249 orang pelaku kejahatan. "Kami juga masih mengejar para pelaku yang kini masuk dalam daftar Target Operasi (TO) sebanyak 37 orang dan Non Target Operasi 212 orang," jelas Erdi.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatanya, para pelaku dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun, pasal 365 KUHP dengan ancaman 9 tahun, pasal 480 KUHP dengan ancaman 4 tahun dan pasal 481 KUHP dengan ancaman 7 tahun.

Erdi juga mengatakan, semua tersangka akan dilakukan penegakan hukum secara tegas sesuai aturan yang berlaku. Bagi masyarakat yang merasa kehilangan kendaraan, dapat mendatangi Jajaran Polres setempat dan Ditreskrimum Polda Jabar dengan membawa bukti resmi kepemilikan kendaraan bermotor.


Sebagian motor curian yang berhasil diamankan jajaran Polda Jabar. (Le)


BACA JUGA:  Perbuatan Bejat, Seorang Sopir Angkot di Karawang Mencabuli Anak Tirinya Selama Enam Tahun

"Bagi mareka yang merasa kehilangan, dapat mendatangi kantor polisi. Kendaraan dapat diserahkan atau pinjam pakai, asalkan proses penyidikan sudah selesai,"  tuturnya. (Le)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait