Polres Sukabumi Melakukan Pemeriksaan kepada Personil yang Memegang Senjata Api Dinas

Jawa Barat —Kamis, 4 Mar 2021 16:51
    Bagikan:  
Polres Sukabumi Melakukan Pemeriksaan kepada Personil yang Memegang Senjata Api Dinas
Petugas Propam dan Sub Satpras Polres Sukabumi tengah memeriksa senjata api anggota polisi yang berdinas di lingkungan Polres Sukabumi. (Hendra)
POSKOTAJABAR, SUKABUMI.

Polres Sukabumi mengecek dan memeriksa sejumlah personil yang memegang senjata api dinas. Pemeriksaan dilakukan di Polres Sukabumi, Kamis (04/03/2021). Pemeriksaan dan pengecekan senjata api dinas tersebut, dilakukan oleh Propam dan Sub Satpras Polres Sukabumi, dihadiri Kapolres dan para pejabar utama Polres Sukabumi.

"Iya, pengecekan dan pemeriksaan senjata api dinas dilakukan oleh petugas propam dan Satpras Polres Sukabumi yang diawasi langsung oleh Kabag Sumda Polres Sukabumi, Kompol Ridwan, dan Kasi Propam Ipda Dadang,"ujar Paur Humas Polres Sukabumi, Ipda Aah Saepul Rohman.


Ipda Aah menjelaskan, kegiatan pemeriksaan dan pengecekan terhadap senpi yang dipegang personil Polres Sukabumi, merupakan program rutin yang secara berkala dilaksanakan. Adapun dalam pemeriksaan yang dicek, yakni kelengkapan surat senjata, kelaikan senjata, dan kebersihan senjata serta amunisinya.

"Tujuannya agar senjata api dinas yang dipegang oleh para anggota supaya terawat dengan baik dan tidak disalahgunakan," kata Aah Saepul Rohman.

Aah menuturkan, senjata api dinas yang dipegang anggota bertujuan untuk melindungi masyarakat dalam rangka penegakan hukum dan memelihara situasi Kamtibmas. Namun, tidak semua personil diijinkan untuk memegang senpi dinas. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh anggota tersebut, manakala akan memegang senpi dinas.


"Personil yang memegang senpi dinas, harus dinyatakan sehat dan lulus tes psykologi. Kemudian, mempunyai mental kepribadian yang baik. Pinjam pakai senpi dinas, diprioritaskan kepada personil yang bertugas pada bidang operasional," jelasnya. (Hendra)  
Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait