Tips Merawat Kulit Wajah Sejak Dini, untuk Terhindar dari Kusam dan Jerawat

Kesehatan —Kamis, 4 Mar 2021 16:54
    Bagikan:  
Tips Merawat Kulit Wajah Sejak Dini, untuk Terhindar dari Kusam dan Jerawat
merawat kulit wajah sejak dini - ist
POSKOTAJABAR,BANDUNG

Perawatan kulit harus dimulai sedini mungkin. Bahkan, setiap orang disarankan untuk menggunakan sabun muka dan pelembap sejak kecil untuk membentuk kebiasaan bersih dan sehat bagi kulit. Namun sayangnya, masih banyak orang yang memulai perawatan kulit menjelang usia 20-an. Biasanya, hal ini disebabkan kebingungan memilih produk yang dibutuhkan.

Akhirnya, mereka pun memilih untuk tidak menggunakan produk perawatan kulit sama sekali agar kondisi wajah tetap mulus dan sehat seperti biasanya.Padahal, hal ini kurang baik untuk kesehatan kulit jangka panjang. Dilansir dari Times of India, berikut tips perawatan kulit untuk remaja yang dikutip dari TerasJakarta

Memakai Sabun Muka Berbahan Ringan

Untuk memulai perawatan kulit, gunakanlah sabun muka berbahan ringan. Sabun muka yang berbahan ringan biasanya tidak mengandung alkohol, parfum, paraben atau bahan berbahaya lainnya.Perhatikan juga jenis sabun mukanya dan cocokkan dengan kebutuhan kulitmu. Jika kulitmu berminyak, gunakan sabun muka yang dapat mengontrol produksi minyak wajah.

Jika kulitmu sensitif dan berjerawat gunakan sabun muka khusus kulit sensitif serta berjerawat. Sedangkan jika kulitmu kering, gunakan sabun muka yang dapat melembapkan kulit.Sabun muka yang tepat akan membuat wajahmu terasa nyaman, kenyal, segar dan sehat.

Menggunakan pelembap

Pelembap merupakan produk yang wajib digunakan setelah membersihkan wajah. Gunakanlah dua kali sehari di pagi dan malam hari agar kelembapan kulitmu tetap terjaga. Jangan lewatkan pemakaian pelembap hanya karena kulitmu sudah berminyak. Kamu tetap membutuhkan asupan kelembapan secara eksternal agar produksi minyak wajah tidak berlebihan dan menyebabkan beruntusan maupun komedo.

Melakukan eksfoliasi seminggu sekali

Lakukan eksfoliasi setiap minggu menggunakan chemical exfoliator untuk membersihkan wajah dari sel kulit mati. Sehingga, wajah tidak kusam, lebih cepat mengalami penuaan atau berjerawat.


Mengatasi jerawat

Saat remaja, kamu akan lebih mudah berjerawat. Ini disebabkan oleh pengaruh hormonal. Atasi jerawatmu dengan memakai obat jerawat yang cocok dengan jenis kulit. Beberapa kandungan yang dapat mengatasi jerawat adalah asam salisilat, retinol dan lain-lain.

Menggunakan tabir surya

Gunakanlah tabir surya untuk melindungi kulit dari hiperpigmentasi, iritasi, penuaan dini serta kanker. Pakailah tabir surya dengan minimal SPF 30 atau lebih dan aplikasikan setiap 3-4 jam sekali. Bila perlu, gunakan pakaian yang tertutup, topi dan kacamata anti radiasi agar lebih terlindungi dari bahaya paparan sinar UV.

Menjaga kesehatan bibir

Jagalah kesehatan bibir dengan melakukan eksfoliasi seminggu sekali dan menggunakan lip balm. Kamu bisa melakukan eksfoliasi kulit bibir dengan mengusapnya menggunakan sikat gigi bersih selama satu menit atau memakai scrub bibir.-RES

Editor: Resti
    Bagikan:  


Berita Terkait