7 Kebiasaan Membuat Mudah Stress, Kurang Tidur dan Sering Mendengarkan Curhat

Kesehatan —Kamis, 4 Mar 2021 17:42
    Bagikan:  
7 Kebiasaan Membuat Mudah Stress, Kurang Tidur dan Sering Mendengarkan Curhat
ILUSTRASI/IST

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Data American Psychological Association (APA) menunjukan bahwa generasi milenium kurang mampu mengatasi masalah-masalah pemicu stress dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Bukan hanya buruk bagi kesehatan mental, menurut penelitan dari Harvard University, kecemasan dan stres berkaitan dengan risiko penyakit jantung, migrain, gangguan pernafasan kronis, dan kondisi buruk lainnya. Sayangnya, pekerjaan, ambisi, dan berbagai pilihan berat dalam hidup memang menjadi hal-hal utama mengapa stres, cemas, dan kecenderungan tidak produktif menimpa diri kita.

Hal-hal dan kebiasaan buruk bisa memicu kita menjadi stress, dan mudah depressi pada akhirnya kita akan cenderung mengalami gejala psikis yang buruk. Nah berikut ini adalah kebiasan-kebiasan yang bisa membuat orang mudah stress.

BACA JUGA: Ramalan Zodiak Karier Besok Jum’at 5 Maret 2021, Virgo Mulai Berbisnis, Leo Tepat Waktu

  1. Terlalu sering mendengarkan curhat

Sebuah penelitian menyatakan bahwa jika kita selalu menjadi tempat teman-teman mencurahkan perasaan dan emosi mereka, kita justru berpotensi merasa lebih memburuk. Begitu pun jika curhat dilakukan dalam sebuah kelompok, maka kecemasan seseorang (yang curhat) akan menular pada kelompok tersebut.

  1. Terlalu sering main Ponsel

Handphone sebagai pusat informasi dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf. Peningkatan aktivitas sistem saraf dapat memicu kecemasan yang kuat. Sebaiknya kurangi penggunaan ponsel yang berlebih.

  1. Terlalu sering minum kopi atau alcohol

Kafein ternyata memompa rasa panik dalam diri kita, dan kemudian membuat kita fobia pada sekitar. Kafein juga bersifat diuretik, yaitu memicu percepatan pembentukan urin, dan hal tersebut menambahkan kecemasan tersendiri. Begitu juga alcohol yang membuat kita malah menjadi stress ketika kita mengkonsumsinya.

BACA JUGA: Diejek Warganet, Ini Dia Jawaban Bijak Ustaz Mansyur

  1. Duduk Terlalu Lama

Terlalu lama duduk akan menimbulkan kecemasan. Hal ini dibuktikan oleh peneliti dari BMC Public Health, jika kamu bekerja yang memaksa kamu untuk duduk berlama-lama , usahakan berdiri sesekali walau untuk sebentar

  1. Kerja Lembus

Dikutip dari Forbes, saat pekerjaan mengambil jatah waktu kehidupan keseharian kita, maka kecemasan akan otomatis hadir. Menghiraukan jam kerja dapat menimbulkan gangguan psikologis pada diri kita.

  1. Terlalu lama didepan layar

sebuah penelitian menyangkal metode tersebut. Sebuah penelitian menyatakan bahwa rasa cemas dan stres bisa didapati oleh seseorang yang menonton TV lebih dari dua jam berturut-turut. Penelitian lain juga menyatakan hal tersebut sama dampaknya dengan menghabiskan waktu di depan layar komputer.

  1. Kebiasaan Tidur yang buruk

Kebiasaan tidur yng buruk juga sangat mempengaruhi seseorang mudah stress, Sebuah penelitian University of California menyatakan bahwa kurangnya tidur dapat menyerang bagian otak yang berfungsi menyebabkan rasa cemas pada manusia.***res


Editor: Resti
    Bagikan:  


Berita Terkait