Bukan Karena Setan, Penjelasan dan Penyebab Tindihan, Tapi Karena Hal Ini!

Kesehatan —Kamis, 4 Mar 2021 18:01
    Bagikan:  
Bukan Karena Setan, Penjelasan dan Penyebab Tindihan, Tapi Karena Hal Ini!
ILUSTRASI/Abadikini.com

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Pernahkah kamu merasa sesak dan tidak bisa bergerak saat tidur? Seperti tertindih oleh sesuatu bahkan merasa tidka bisa bangun dan tidak bisa bicara, atau yang disebut dengan tindihan.

 Halusinasi aneh-aneh juga muncul seperti sosok yang menyeramkan menghinggapi pandangan mata. Setelah perjuangan keras untuk bangkit berkali-kali, akhirnya raga pun terjaga.

Inilah fenomena yang dikenal dengan sebutan sleep paralysis alias kelumpuhan tidur, atau yang sering kita istilahkan sebagai ketindihan atau tindihan. Orang sering mengaitkan hal ini dengan hal-hal mistis padahal, ada penjelasanya dari medis loh mengenai tindihan ini.

BACA JUGA: Ramalan Zodiak Karier Besok Jum’at 5 Maret 2021, Virgo Mulai Berbisnis, Leo Tepat Waktu

Tindihan, menurut para ilmuwan, merupakan salah satu masalah biologis tubuh kita juga. Ilmuwan yang meneliti tidur menyimpulkan, dalam kebanyakan kasus, ketindihan hanyalah tanda bahwa tubuh tidak bergerak dengan luwes dalam tahapan tidur Anda. Tetapi fenomena ini jarang terkait dengan masalah kejiwaan.

Sleep Paralysis adalah perasaan sadar dari tidur dengan tubuh yang tidak bisa bergerak. Selama transisi ini, kita tidak dapat bergerak atau berbicara selama beberapa detik bahkan beberapa menit. Beberapa orang mungkin juga merasakan tekanan atau rasa tersedak.

Pertama biasanya terjadi pada proses kita tertidur, ini disebut dengan ketindihan hipnagogik atau predormital. Kedua, ketika kita bangun, ini disebut ketindihan hipnopompik atau postdormital.

BACA JUGA: 7 Kebiasaan Membuat Mudah Stress, Kurang Tidur dan Sering Mendengarkan Curhat

Ketindihan Hipnagogik terjadi saat tubuh kita mulai perlahan-lahan rileks dan sudah mulai tidak sadar. Saat kita seolah merasa sadar saat tertidur, yang membuat tubuh tidak bergerak lalu kita bisa merasakan kita tidak bisa berbicara, di situlah kita mengalami ketindihan Hipnagogik.

Survei dari berbagai negara menunjukkan 20 hingga 60 persen dari populasi orang dewasa normal telah mengalami ketindihan setidaknya sekali. Sekitar 5 persen dari populasi telah mengalami satu atau lebih gejala terkait dengan gangguan tersebut.

Bahkan dari tindihan itu membuat kita berhalsuinasi visual itulah yang membuat kita terkadang melihat bayangan atau hal hala aneh saat kita mengalami tindihan itu.

BACA JUGA: Andin Hilang, Mama Rossa Tahu Andin Pembunuh Roy, Ikatan Cinta Malam Ini

Gangguan ini juga terjadi pada segala usia. Tetapi kondisi yang pertama mungkin terjadi saat kiat remaja. Ada beberapa faktor yang bisa memicu gangguan ini muncul,seperti

  • Kurang tidur
  • Jadwal tidur tak menentu
  • Stress
  • Gangguan Bipolar
  • Gangguan kecemasan
  • Penggunaan obat
  • Tidur telentang


Jadi jangan merasa takut jika kamu mengalami tindihan karena yang harus kamu perbaiki adalah waktu tidur dan keadaan psikis kamu untuk lebih rilex dan memperbaiki kualitas tidur kamu*** RES/Berbagaisumber

BACA JUGA: Bukan Karena Setan, Penjelasan dan Penyebab Tindihan, Tapi Karena Hal Ini!

Editor: Resti
    Bagikan: