Kapolres Lebak Melakukan Pemeriksaan Senjata Api Para Anggotanya, Cegah Penyalahgunaan

Nasional —Jumat, 5 Mar 2021 13:24
    Bagikan:  
Kapolres Lebak Melakukan Pemeriksaan Senjata Api Para Anggotanya, Cegah Penyalahgunaan
Kapolres Lebak, AKBP Ade Mulyana, melakukan pemeriksaan senpi milik personil Polres. (ist)

POSKOTAJABAR, LEBAK.  

Guna mencegah penyalahgunaan senjata api (senpi) oleh personil polisi di lingkungannya, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Lebak, Polda Banten, AKBP Ade Mulyana, melakukan pemeriksaan senjata api kepada para anggotanya. Para anggota Polres Lebak itu, masing-masing dipanggil di Halaman Mapolres Lebak, Rangkasbitung, Kamis (04/03/2021). 

Masing-masing anggota dipanggil untuk diperiksa kelengkapan senpi  yang mereka gunakan dalam menjalankan tugasnya. Pemeriksaan dilakukan mulai dari memeriksa surat izin kelengkapan, kondisi kebersihan senpi, dan pelurunya. 

BACA JUGA:  Pemkab Pangandaran Gelar Pisah Sambut Wakil Bupati Periode 2016-2021

Kapolres Lebak mengatakan, pemeriksaan itu dilakukan guna mencegah adanya penyalahgunaan Senpi tersebut oleh personil. "Hari ini, kita melaksanakan pengecekan dan pemeriksaan senpi para personil Polres Lebak. Pemeriksaan dari kelengkapan surat pemegang senpi, kondisi kebersihan senpi, dan peluru," ujar Ade Mulyana.

MenurutnAde,  para pemilik  senpi harus berhati-hati dalam menyimpan maupun menggunakan senpi itu. Ia dengan tegas melarang personil untuk menggunakan senpi itu, jika tidak ada hal yang mengancam keselamatan masyarakat. 

BACA JUGA:  Ratusan Anggota Kodim 0612 dan Babinsa Divaksinasi Covid-19

"Kepada seluruh personil, saya ingatkan agar berhati-hati dalam menggunakan senpi. Senpi digunakan ketika benar-benar dibutuhkan, dalam kondisi darurat yang mengancam keselamatan masyarakat dan petugas," tegas Ade.

 Ia berharap,  melalui pemeriksaan itu para personil dapat lebih memahami mengenai pedoman pengguna dan perawatan senpi itu. "Penggunaan senpi, diharapkan mempedomani peraturan Kapolri tentang penggunaan senpi, bila mengancam keselamatan petugas maupun masyarakat," tuturnya. (Poskota/nst)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait