Hobi Kaktus Hias, Deni Santosa Raup Puluhan Juta Rupiah Setiap Bulan, Inilah Kisahnya

Gaya Hidup —Jumat, 5 Mar 2021 16:39
    Bagikan:  
Hobi Kaktus Hias, Deni Santosa  Raup Puluhan Juta  Rupiah Setiap Bulan, Inilah Kisahnya
Deni Santosa (30) pengusaha kaktus hias bersama berbagai jenis kaktus dagangannya. (foto:hendra)

POSKOTAJABAR, SUKABUMI.

Tidak sedikit orang dapat menjadikan hobinya menjadi ladang penghasilan. Seperti halnya dengan Deni Santosa (30) warga Jalan RA Kosasih Ciaul, Gang Juli, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, yang sukses menjalankan bisnis kaktus hias.

Deni mulai mengoleksi tanaman kaktus di rumahnya sejak empat tahun lalu. Perlahan tapi pasti, kini hobinya pun mampu menghasilkan omset puluhan juta per bulan.

“Awalnya saya hobi mengoleksi kaktus di rumah. Tapi saya belajar bagaimana cara budidaya nya,” ujar  Deni, saat ditemui di galerinya, Jumat (05/03/2021).

Membangun sebuah bisnis tentu saja tidak semudah membalikan telapak tangan. Berbagai rintangan dalam mengembangkan bisnis pun ia lewati dalam dunia tanaman bernama latin Cactaceae ini.

“Prosesnya panjang, saya juga pernah gagal dan banyak tanaman kaktus saya yang mati,” kata dia.

BACA JUGA : Setahun Covid-19, Pengangguran Kota Bandung Naik yang Didominasi Anak SMA dan SMK


Lebih Mengembangkan Budidayanya
Tak mau menyerah, Deni terus mencari beberapa jenis kaktus untuk dipelajari. Tapi karena dibarengi hobi, Deni terus belajar dalam budidaya kaktus. Setelah ketertarikan itu, Deni akhirnya mencoba lebih mengembangkan budidayanya dan memesan benih kaktus secara online seharga Rp 200 ribu.

“Saya membeli benih kaktus dari luar daerah seperti dari Bali, Yogjakarta dan beberapa daerah lain,” imbuhnya.

Berkat kerjakeras, keuletan, dan tekad yang kuat, kini usahanya sudah merambah ke pasar internasional. Tidak jarang dia mengirimkan kaktunya ke mancanegara demi memenuhI pesanan dari pelanggannya.

“Allhamdulilah berkat kerja keras ini selain luar kota dan antar provinsi sudah bisa menjual kaktus sampai ke luar negeri,”ucapnya.

BACA JUGA : Mantan Mucikari Artis Prostitusi Online, Robby Abas Diciduk Polisi Karena Kasus Narkoba


Pernah Jadi Juara
Selain menjual ke luar negeri. Deni menuturkan dirinya pernah menjadi juara kedua dalam kontes kaktus yang di ikuti oleh puluhan peserta di seluruh Indonesia. Dalam kontes yang bertajuk Indonesian Cactus Succulent Fest 2020 itu, dua tanaman kaktus seharga Rp 15 Juta miliknya dipilih oleh juri menjadi juara kedua.

“Acaranya kemarin itu di Jogja, dan kaktus saya jadi juara kedua. Penilaian dilihat dari keunikan dan motifnya di pilih juri menjadi juara kedua se-Indonesia,” tuturnya.

Saat ini, Deni menjual kaktus hasil budidayanya secara online lewat Instagram @cactus_barbar, dia membuka lapak dagangannya dirumahnya yang berada di Jalan R A Kosasih Kota Sukabumi.

BACA JUGA : Kota Bandung Menerima Bantuan Rutilahu Senilai Rp 7,7 Miliar dari Pemprov Jabar, untuk Perbaikan 440 Unit Rumah



Selain itu, Deni saat ini mulai mengembangkan usahanya dengan membuka cabang di Caffe Oregon Coffe Bar and Cactus Place di Jalan Raya Lingkar Selatan, Limusnunggal Kota Sukabumi.

Disana Deni menjual kaktus jenis Astrophytum, gymnocalycium, Lophopora, lithops, sekulen dari mulai harga 100k hingga Rp. 25 Juta.

“Jika kalian hobi kaktus bisa kepoin Instagram nya @cactus_barbar disana saya menjual semua jenis kaktus dari mulai harga belasan ribu hingga puluhan juta. Selain itu saya membuka cabang di Caffe Oregon yang ada di Lingkar Selatan limusnunggal,” pungkasnya. (Hendra)


BACA JUGA : Hobi Kaktus Hias, Deni Santosa  Raup Puluhan Juta  Rupiah Setiap Bulan, Inilah Kisahnya

Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait