Persaingan Tim Sepak Bola Jabar Mulai Menghangat Lagi, Menjelang Babak Kualifikasi Porprov

Sepak Bola —Jumat, 5 Mar 2021 20:17
    Bagikan:  
Persaingan Tim Sepak Bola Jabar Mulai Menghangat Lagi, Menjelang Babak Kualifikasi Porprov
Anggota Komite Eksekutif (Exco) Asprov PSSI Jabar, Delif Subeki, mengisyaratkan persaingan BK Porprov semakin mengangat. (PoskotaJabar)

POSKOTAJABAR, BANDUNG.

Persaingan tim sepak bola di Jawa Barat (Jabar) semakin menghangat lagi jelang pelaksanaan Babak Kualifikasi (BK) Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Jabar XIV. Rencananya, BK Porprov Jabar XIV akan diselenggarakan Juli 2021 mendatang. Demikian dikatakan Anggota Komite Eksekutif (Exco) Asprov PSSI Jabar, Delif Subeki, kepada POSKOTAJABAR, Jumat (05/03/2021). 

"Cabang olah raga sepak bola merupakan ajang pembuktian diri bagi setiap wilayah di Jawa Barat, untuk menunjukkan kota atau kabupaten mana yang paling kuat dan matang dalam pembinaan," ungkap Delif Subeki.

Menurut Delif, tanda-tanda persaingan menjelang BK Porprov itu sudah terlihat sejak sekarang. Hal itu, bisa dilihat dari persiapan masing-masing kota dan kabupaten yang sudah mempersiapkan tim jauh-jauh hari. 

"Peta persaingan di cabang sepak bola ini terlihat akan sangat ketat. Bahkan, sejak babak kualifikasi diselenggarakan pertengahan tahun ini," kata pengusaha di bidang ketenagakerjaan itu.

BACA JUGA:  Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana Sampaikan Kesiapan Stadion GBLA kepada PT LIB, untuk Tempat Piala Menpora 2021

Dikatakan Delif, hingga saat ini setiap kota dan kabupaten bersaing dengan ketat, namun dilakukan secara sehat. Sehingga, semuanya akan berdampak positif bagi perkembangan sepak bola di Jabar. 

"Persaingan akan terlihat semakin menarik karena ada beberapa daerah yang sudah memasang target juara, seperti Kota Bandung dan Kabupaten Bogor. Kita tahu, kedua daerah ini sangat bagus dalam pembinaan sepak bola usia muda. Sehingga banyak lahir pemain-pemain handal," tutur pemilik Cafe Bang Gembul di daerah Sentul itu.

Oleh karena itu, lanjut Delif, sebagian besar daerah sudah melakukan persiapan sejak awal, dengan diawali penunjukkan tim pelatih, seleksi pemain, latihan, dan uji coba.

Untuk cabang sepak bola putra, BK Porprov rencananya digelar pada bulan Juli 2021 di Ciamis. Formatnya akan menggunakan dengan sistem home tournament.  Perebutan tempat untuk lolos ke Porprov mendatang, menjadi ajang gengsi dan adu prestasi bagi tim-tim peserta untuk meloloskan diri ke arena Porprov tahun 2022 mendatang. 

"Sebagai Exco, saya berharap, tim  yang turun di ajang Porprov XIV Jabar 2022 tersebut untuk dapat menunjukkan permainan terbaik. Saya harapkan, ajang BK Porprov dan Porprov nantinya menjadi ajang serta panggung buat pemain amatir untuk menampilkan talentanya, agar dpt dilirik klub profesional," paparnya.

Berdasarkan jumlah daerah di Jabar, babak kualifikasi Porprov XIV itu akan diikuti 25 tim putra. Rencananya, penyelenggaraan BK Porprov XIV Jabar itu dilaksanakan 5 - 17 Juli 2021.

BACA JUGA:  Stadion GBLA Terus Berbenah Diri Menyambut Turnamen Sepak Bola Pramusim "Piala Menpora 2021"

Jadwal yang telah disusun pihak Asprov adalah untuk sepak bola putra dilaksanakan 5 - 17 Juli 2021 dan putri tgl 5 - 17 Juli atau 19 - 31 juli 2021, cabang futsal 15 Juni - 3 Juli.

Sedangkan, jumlah tim yang berhak lolos ke Porprov adalah 1 tim tuan rumah (otomatis), 1 juara bertahan (otomatis), dan 10 tim hasil babak kualifikasi. Sedangkan untuk putri yang loklos ke Porprov adalah 1 tim tuan rumah dan 8 tim hasil babak kualifikasi. (nst)

Editor: Setiawan
    Bagikan:  


Berita Terkait