Wartawan yang Tergabung di PWI Indramayu Memperoleh Vaksin Covid-19

Jawa Barat —Sabtu, 6 Mar 2021 04:37
    Bagikan:  
Wartawan yang Tergabung di PWI Indramayu Memperoleh Vaksin Covid-19
Ketua PWI Indramayu Dedy Musashi tampak menjerit ketika di vaksin Covid-19. (foto:Yan)

POSKOTAJABAR, INDRAMAYU.

Profesi jurnalis dinilai cukup rentan terpapar Covid-19 karena pekerjaannya selalu berhubungan dengan orang-orang atau nara sumber. Oleh sebab itu para wartawan yang tergabung dalam organisasi PWI  Perwakilan Indramayu, Jumat (05/03/2021) memperoleh vaksin Covid-19  dari tim dokter di  SMA Negeri I Indramayu.

Kegiatan vaksinasi para wartawan dilakukan di Ruang I bersamaan dengan vaksinasi para lansia, termasuk warga keturunan yang dilayani di sejumlah ruangan secara terpisah. Vaksinasi terhadap para wartawan berjalan lancar. Kecuali ada salah seorang wartawan yang ditunda pemberian vaksinnya lantaran gula darahnya sedang naik.

Wartawan  yang gula darahnya naik itu bukannya  ditolak divaksin, tapi diberi tenggang waktu tertentu selama beberapa hari,  agar gula darahnya diusahakan turun sehingga memenuhi persyaratan untuk divaksinasi.

Pemantauan di Ruang I kegiatan vaksinasi menyaksikan para wartawan dan lansia awalnya didaftar identitasnya sesuai KTP dan mendapat formulir berisi data diri juga pertanyaan menyangkut riwayat penyakit dan lain sebagainya berikut nomor urut kehadiran. Setelah itu disuruh menunggu sekitar setengah jam.

BACA JUGA : Kunjungi Keluarga Sodikin, Bupati Jeje Ucapkan Belangsungkawa dan Siap Urus Klaim


Seperti Digigit Semut

Setelah  ada panggilan, satu persatu menghadap meja petugas pelayanan  mengisi daftar hadir dan memberikan data identitas diri untuk dimasukkan ke dalam data base. Selesai itu menuju ke meja pelayanan berikutnya untuk di tensi denyut nadinya serta menjawab sejumlah pertanyaan, terutama  menyangkut riwayat penyakit dan sebagainya kemudian dipastikan apakah seseorang bisa divaksin atau tidak.

 Di meja ketiga, barulah dilakukan penyuntikan vaksin Covid-19 yang dilakukan seorang dokter. “Ya rasanya seperti digigit semut,” ujar Tajudin Nur, 61 salah seorang wartawan senior.

Usai disuntik  ujar Tajudin, wartawan melanjutkan ke meja pelayanan berikutnya, di tensi ulang denyut nadinya dan disuruh beristirahat selama 30 menit  untuk mengetahui reaksi pasca penyuntikan. “Kalau ada keluhan seperti mual, pusing, lemas dan sebagainya setelah penyuntikan bisa datang ke meja yang terakhir untuk dilakukan tindakan medis,” ucapnya. 

 Lain Tajudin Nur lain Ketua PWI Indramayu Dedy Musashi. Saat menunggu panggilan nomor urut wajah Deddy Musashi terlihat cukup tegang. Ia mondar-mandir berjalan kaki kemudian ngobrol dengan para wartawan lainnya.

Tiba giliran lengan kirinya dimasuki jarum suntik,  terdengar suara jeritan yang cukup keras  sehingga  mengundang perhatian sekaligus gelak tawa para wartawan lainnya. Rupanya Dedy Musashi termasuk salah seorang wartawan yang jarang disuntik.

BACA JUGA : Kota Bandung Menerima Bantuan Rutilahu Senilai Rp 7,7 Miliar dari Pemprov Jabar, untuk Perbaikan 440 Unit Rumah


Kartu Vaksinasi Covid-19

Dedy Musashi mengaku pasca divaksin  badannya terasa lemas. Ia terlihat terbaring di sofa Sekretariat PWI Indramayu di Jalan Olahraga 15 Indramayu. “Setelah divaksin badan jadi lemas,” ungkap Dedy Musashi.

Meski begitu,  Dedy Musashi tidak berniat komplain ke petugas pelayanan. Ia berusaha menyembuhkan diri dengan lebih banyak beristirahat, banyak minum air putih dan tentunya bersantap siang.

Hari Jumat (5/3/2021)  merupakan hari pertama dilakukan penyuntikan vaksin Covid-19 terhadap para jurnalis. Apabila masih ada wartawan yang belum divaksin masih ada kesempatan pada hari Senin (8/3/2021).

 Sebagai tanda telah disuntik vaksin Ke-1 petugas memberikan selembar Kartu Vaksinasi Covid-19 yang mencantumkan identitas diri juga nomor tiket dan keterangan teknis seperti tanggal vaksinasi, nama vaksin, Nomor Batch, Lokasi menerima vaksin dan keterangan telah divaksin Ke-1. Termasuk ada catatan sebagai pemberitahuan apabila terdapat gejala pasca dilakukan vaksinasi dapat menghubungi petugas beserta nomor ponselnya. (Yan)


BACA JUGA : Wartawan yang Tergabung di PWI Indramayu Memperoleh Vaksin Covid-19


Editor: Suherlan
    Bagikan:  


Berita Terkait