Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Gratis Dari Kemdikbud 2021 Untuk Mahasiswa

Pendidikan —Sabtu, 6 Mar 2021 10:51
    Bagikan:  
Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Gratis Dari Kemdikbud 2021 Untuk Mahasiswa
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Kemdikbud akan salurkan bantuan kuota internet gratis di tahun ini untuk menunjang proses belajar mengajar secara daring di masa pandemi Covid-19 ini. Mahasiswa termasuk ke dalam daftar penerima kuota internet gratis Kemdikbud tahun 2021 tersebut.

Bagi mahasiswa yang telah menerima bantuan kuota internet gratis Kemdikbud di tahun lalu, maka hanya tinggal menunggu kuota tersebut masuk ke nomor HP masing-masing. Namun hal ini dikecualikan bagi penerima yang penggunaannya tidak mencapai 1 GB per bulan pada penyaluran kuota internet gratis di tahun lalu.

Penerima kuota internet gratis Kemdikbud di tahun lalu yang penggunaannya tidak mencapai 1 GB dianggap tidak membutuhkan bantuan tersebut. Oleh sebab itu, Kemdikbud menganggap pencairan kuota internet gratis di tahun ini pada penerima tersebut adalah hal yang tidak diperlukan.

BACA JUGA : Informasi Resmi , Cara Mendapatkan Program Bantuan BLT BPUM UMKM 2021 Dari Kemenkop UKM

"Bagi kemarin yang diberikan tetapi penggunaannya di bawah 1 GB artinya memang tidak digunakan kuota data yang diberikan karena berbagai alasan, jadinya itu tidak akan diberikan," kata Mendikbud Nadiem Makarim pada konferensi pers virtual, 1 Maret 2021.

Selain itu, kuota internet gratis Kemdikbud 2021 juga tidak secara otomatis diberikan kepada calon penerima yang belum mendapatkan bantuan tersebut di tahun lalu dan calon penerima yang telah mengganti nomor HP-nya.

Maka dari itu, mahasiswa yang mengganti nomor HP-nya atau belum pernah menerima bantuan kuota internet gratis Kemdikbud hanya perlu menyetorkan nomor HP.

BACA JUGA : Kriteria Untuk Dapatkan BLT BPUM UMKM Dari Kemenkop UKM 2021

Namun sebelum menyetorkan nomor HP kepada satuan pendidikan, pastikan untuk memenuhi persyaratan berikut ini terlebih dahulu :

  • Terdaftar di aplikasi PDDikti, berstatus aktif dalam perkuliahan atau sedang double degree.
  • Memiliki kartu rencana studi pada semester berjalan.
  • Memiliki nomor ponsel aktif.

Setelah memastikan diri memenuhi persyaratan tersebut, mahasiswa hanya tinggal menerima bantuan kuota internet gratis yang otomatis masuk ke nomor HP-nya.

Akan tetapi penerima baru atau yang mengganti nomor HP-nya, baru bisa mendapatkan jatah kuota internet gratis Kemdikbud di bulan April 2021.

"Bagi yang nomor HP-nya berubah atau belum menerima kuota sebelumnya, mereka hanya akan bisa baru menerima bantuan kuota di bulan April 2021, tidak bisa menerima di bulan Maret 2021," tutur Nadiem Makarim.

Seperti yang telah diinformasikan Nadiem Makarim, penyaluran kuota internet gratis akan dilakukan di tanggal 11 sampai 15 setiap bulan selama tiga bulan berturut-turut sejak Maret hingga Mei 2021.

Dengan kata lain, jika penerima yang baru akan menyetorkan nomor HPnya sebelum April, maka hanya akan mendapatkan jatah kuota internet gratis Kemdikbud selama dua bulan berturut-turut. Nantinya mahasiswa akan mendapat jatah kuota internet gratis sebesar 15 GB per bulan.

Bantuan kuota internet gratis tersebut diberikan dalam bentuk kuota utama yang bisa digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi.

BACA JUGA : Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Gratis Dari Kemdikbud 2021 Untuk Mahasiswa

Editor: Reza
    Bagikan: