Berpakah Jumlah Protein yang Dibutuhkan Tubuh Dalam Sehari?

Kesehatan —Sabtu, 6 Mar 2021 11:17
    Bagikan:  
Berpakah Jumlah Protein yang Dibutuhkan Tubuh Dalam Sehari?
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Bagi kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan, pasti sudah tidak asing lagi dengan diet rendah karbo tinggi protein. Diet ini bekerja dengan cara mengurangi asupan karbohidrat, sehingga tubuh akan mulai membakar lemak untuk menghasilkan energi. Nah, sebagai gantinya, para pelaku diet disarankan untuk memperbanyak konsumsi protein agar terhindar dari rasa lapar.

Diet tinggi protein ini memiliki berbagai macam variasi, mulai dari Atkins, diet keto, sampai diet Dukan. Namun, sebelum kamu mencoba melakukan diet protein ini, ada baiknya kamu ketahui dulu berapa banyak protein yang kamu butuhkan setiap hari untuk diet.

Protein merupakan bagian penting untuk tubuh seseorang. Protein berfungsi untuk membantu tubuh membangun dan memperbaiki sel dan jaringan.

BACA JUGA : Lebih 2 Juta Orang Telah Menerima Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama

Protein inilah yang merupakan komponen utama dari kulit, otot, tulang, organ, rambut, dan kuku. Jumlah protein yang dibutuhkan seseorang bergantung pada usia dan jenis kelaminnya.

Melansir dari laman Medical News Today, FDA (Food and Drug Administration) merekomendasikan anak-anak usia 1-3 tahun untuk mengosumsi 13 gram (g) protein perhari, kemudian usia 4-8 mengonsumsi 19 g, usia 9-13 membutuhkan 34 g, kemudian wanita usia 14-18 membutuhkan 46 g hingga 19 tahun keatas.

Sedangkan laki-laki usia 14-18 membutuhkan 52 g, dan untuk 19 tahun keatas membutuhkan 56 gram. Namun kebutuhan protein tersebut tidaklah mutlak, ada banyak faktor yang membuat seseorang mengurangi atau menambahkan tambahan protein pada tubuhnya.

BACA JUGA : Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Gratis Dari Kemdikbud 2021 Untuk Mahasiswa

Misalnya seseorang yang sedang diet dengan mengurai 2000 kalori perhari hannya membutuhkan 50 gram protein perhari. selain itu tingkat aktivitas, berat badan, serta wanita hamil juga mempengaruhi tingkat kebutuhan protein dalam tubuh seseorang. Protein dan karbohidrat mengandung 4 kalori per gram. sedangkan lemak mengandung 9 kalori pergram.

Maka untuk kebutuhan orang dewasa yang sedang menjalani diet, direkomendasikan agar 10-35% kalori yang dihasilkan berasal dari protein. sedangkan untuk anak-anak, 10-30%. Protein yang baik dapat kita temui dengan mengonsumsi makan hewani dan nabati, seperti makanan laut, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, produk kedelai, produk susu, termasuk keju dan yogurt.

Produk hewani cenderung mengandung jumlah protein yang lebih banyak dibanding produk nabati. jadi seseorang yang vegetarian mungkin perlu merancang pola makan meraka agar kebutuhan protein harinnya terpenuhi.

BACA JUGA : Berpakah Jumlah Protein yang Dibutuhkan Tubuh Dalam Sehari?


Editor: Reza
    Bagikan:  


Berita Terkait