Hati-Hati Varian Mutasi Corona Baru Ditemukan

Nasional —Sabtu, 6 Mar 2021 11:52
    Bagikan:  
Hati-Hati Varian Mutasi Corona Baru Ditemukan
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Beberapa negara kembali melaporkan munculnya varian baru Covid-19 . Setelah Inggris melaporkan adanya temuan mutasi dari virus Covid-19 pada akhir tahun lalu, Afrika Selatan dan Brasil juga melaporkan temuan mutasi virus ini.

Epidemiolog dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (UI) Syahrizal Syarif menyatakan bahwa mutasi adalah kemampuan virus untuk bertahan hidup. Setiap virus ketika menginfeksi satu induk semang seperti sel manusia, kemudian bereplikasi dan dapat terjadi mutasi. Umumnya mutasi terjadi tidak pada bagian penting dari virus.

Dikutip Detik dari BBC hari Jumat 05 Maret 2021, para ahli meyakini perubahan tersebut dapat membantu virus menghindari kekebalan dari vaksinasi atau infeksi sebelumnya.

BACA JUGA : Penambahan Kasus Positif Covid-19 Tertinggi Di Jawa Barat Pada Hari Jumat Dengan 1.786 Orang
Sistem pengawasan varian inggris pertama kali menemukan kasus-kasus tersebut pada 15 Februari.

Terdapat 16 orang yang sudah dites dan hasilnya positif dan orang yang melakukan kontak dengan mereka, telah dilacak dan disarankan untuk diisolasi. PHE mengatakan, kasus tersebut secara geografis tersebar di seluruh Inggris.

Varian virus memang akan terus berubah. Semua virus bermutasi saat membuat salinan baru dari dirinya sendiri untuk menyebar dan berkembang.

Namun beberapa perubahan dapat mempengaruhi seberapa baik vaksin saat ini bekerja. Para ilmuwan saat ini sedang mencari cara untuk menyesuaikan vaksin virus Corona yang terus muncul varian baru ini.

BACA JUGA : Informasi Resmi , Cara Mendapatkan Program Bantuan BLT BPUM UMKM 2021 Dari Kemenkop UKM

Vaksin-vaksin yang dibuat diharapkan mampu menawarkan perlindungan yang tinggi terhadap penyakit saat virus bermutasi.

Regulator obat Inggris MHRA mengatakan, vaksin baru kini dapat dilacak dengan cepat melalui sistem persetujuan tanpa studi klinis yang panjang.

BACA JUGA : Hati-Hati Varian Mutasi Corona Baru Ditemukan

Editor: Reza
    Bagikan:  


Berita Terkait