Jangan Di Tahan, 5 Manfaat Menangis Untuk Kesehatan

Kesehatan —Sabtu, 6 Mar 2021 14:16
    Bagikan:  
Jangan Di Tahan, 5 Manfaat Menangis Untuk Kesehatan
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Menangis adalah respons alami manusia untuk meluapkan emosi, termasuk kesedihan, kehilangan, rasa frustasi hingga kegembiraan. Menangis bukan hal yang aneh untuk dilakukan, dan baik pria maupun wanita dapat menangis lebih sering dari yang diperkirakan orang.

Menangis bukan pertanda mental kita lemah. Terlebih bagi pria, masyarakat luas kerap menganggap bahwa pria yang menangis adalah pria yang lemah. Mereka dituntut harus selalu kuat dan tabah. Anggapan ini salah besar. Tidak pernah ada larangan untuk pria menangis.

Bahkan dari sisi kesehatan, manfaat menangis baik untuk kesehatan fisik maupun mental. 

BACA JUGA : Cara Cepat Hilangkan Mata Sembap Setelah Menangis

Dari hasil penelitian diketahui bahwa menangis ternyata mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat itu? mari kita ulas satu per satu.

1. Menurunkan Tingkat Stres
Menangis dapat menurunkan tingkat stres. Ketika menangis, tubuh mengeluarkan beberapa bahan kimia dan hormon yang terbentuk akibat stres. Jika anda menahan air mata keluar, maka sama saja anda sedang meningkatkan tingkat stres anda yang dapat mengakibatkan masalah kesehatan lainnya seperti tekanan darah tinggi dan masalah jantung.

2. Menjaga Mood
Menangis adalah respon emosional tubuh terhadap sesuatu. Ketika menangis, tubuh mengeluarkan zat yang bernama endorfin, zat ini disebut juga hormon bahagia yang bertugas untuk menstabilkan mood dan keseimbangan emosi. Ketika kita menangis, kita memberikan tubuh kita kemampuan untuk menstabilkan dan menjadi baik lagi.

3. Mencegah Pilek dan Flu
Air mata yang kita keluarkan ketika menangis mengandung zat Lisozim fluida yang mampu membunuh 95% bakteri hanya dalam hitungan menit. Sama seperti hidung yang memiliki rambut dan terowongan hidung untuk mencegah kuman dan bakteri masuk, mata kita memiliki air mata untuk membantu mencegah kita sakit.

BACA JUGA : Manfaat Whatsapp Business Guna Meningkatkan Revenue Perusahaan

4. Detox
Air mata yang mucul karena faktor emosional seperti kesedihan memiliki kandungan zat yang lebih beracun daripada air mata iritasi (gatal-gatal atau air mata karena mengupas bawang). Hal ini berarti bahwa air mata emosional, yaitu air mata yang tercipta dari stres mampu mengeluarkan limbah dan racun dari tubuh kita.

5. Pelumasan
Fungsi utama dari airmata adalah melumasi bola mata sehingga kita dapat melihat. Air mata melembabkan dan mencegah dehidrasi pada selaput mata. Tanpa air mata, kita tidak akan dapat melihat.

Itulah beberapa manfaat menangis untuk kesehatan. Sebaiknya, jangan tahan diri kamu ketika ingin menangis dan lepaskan semua kepenatan atau hal-hal yang mengganggu perasaan kamu.

BACA JUGA : Jangan Di Tahan, 5 Manfaat Menangis Untuk Kesehatan

Editor: Reza
    Bagikan:  


Berita Terkait