Berapa Kali Berhubungan Seks dalam Seminggu Agar Tetap Intim

Kesehatan —Sabtu, 6 Mar 2021 14:40
    Bagikan:  
Berapa Kali Berhubungan Seks dalam Seminggu Agar Tetap Intim
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Hubungan intim memperkuat ikatan antara dua orang dan memupuk kedekatan, cinta, dan kasih sayang di antara pasangan.

Ini adalah pengikat utama yang membantu pasangan mengatasi perbedaan di antara mereka. Hubungan intim juga dapat membangun hubungan yang lebih kuat antara dua orang dengan mengurangi segala negatif yang ada.

Oksitosin, hormon, dan neurotransmitter, yang dilepaskan selama momen intim antara pasangan, meningkatkan kepercayaan dan rasa persahabatan yang lebih kuat antara pasangan. Berhubungan intim antar pasangan lebih dari sekedar bersenang-senang di ranjang, tapi juga membawa manfaat kesehatan lainnya.

BACA JUGA : Manfaat Berhubungan Seks Sebelum Tidur di Malam Hari

Sebuah studi yang diterbitkan jurnal Archives of Sexual Behavior melaporkan bahwa rata-rata orang dewasa di Amerika Serikat setidaknya berhubungan seks sebanyak 54 kali dalam setahun. Itu artinya, orang Amerika rata-rata berhubungan seks seminggu sekali dalam setahun. Akan tetapi, angka di atas bukanlah tolak ukur yang menjadi sebuah keharusan.

Sebetulnya, tidak pernah ada patokan angka pasti untuk menentukan sebaiknya berapa kali sehari hubungan intim dilakukan dalam seminggu maupun setahun. Penting dipahami bahwa frekuensi bercinta untuk setiap pasangan bisa dipengaruhi oleh banyak faktor berbeda.

Faktor tersebut mulai dari usia, kesibukan, gaya hidup, kesehatan, tingkat libido alami, hingga kualitas hubungan keseluruhan. Itu sebabnya, standar “sering seks” setiap orang mungkin berbeda-beda. Ada pasangan yang butuh berhubungan intim setiap 2 hari sekali, 3-4 kali seminggu, hingga 1 kali dalam sebulan.

Semua ini sebenarnya masih tergolong normal dan sah-sah saja tergantung masing-masing pasangan.

Apalagi semakin tua usia Anda dan pasangan, sangat wajar bila semakin jarang berhubungan intim karena gairah seks menurun secara alami akibat satu dan lain hal.

BACA JUGA : Jangan Di Tahan, 5 Manfaat Menangis Untuk Kesehatan

Semakin sering seks belum tentu bahagia

Nyatanya, acuan berapa kali sehari Anda sebaiknya melakukan hubungan intim dalam seminggu tidak selamanya menjamin hubungan yang harmonis dan bahagia.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi dalam jurnal Social Psychology and Personality Science yang melakukan survei terhadap 30 ribu orang Amerika Serikat selama 40 tahun.

Hasilnya menunjukkan bahwa pasangan yang diminta rutin berhubungan seks seminggu sekali tidak merasa lebih puas dan bahagia daripada waktu-waktu sebelumnya.

Ini tentu menjadi pengingat bahwa berapa kali frekuensi berhubungan intim yang baik bukanlah menjadi penentu utama tingkat kebahagiaan pasangan.

Kepuasan seksual tidak bisa hanya dinilai dari seberapa sering Anda berhubungan seks, tetapi lebih kepada kualitas komunikasi yang terbuka.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan keintiman tanpa harus berhubungan badan.

Melakukan aktivitas lain seperti memeluk, berpegangan tangan, mencium, pergi berkencan, olahraga bersama, hingga bekerja sama beres-beres rumah juga dapat mempererat ikatan batin Anda berdua.

BACA JUGA : Berapa Kali Berhubungan Seks dalam Seminggu Agar Tetap Intim

Editor: Reza
    Bagikan:  


Berita Terkait