Penyebab Susah Tidur atau Insomnia Meski Tubuh Lelah

Kesehatan —Sabtu, 6 Mar 2021 15:20
    Bagikan:  
Penyebab Susah Tidur atau Insomnia Meski Tubuh Lelah
Image/Pinterest

POSKOTAJABAR,BANDUNG

Susah tidur adalah kesulitan tertidur maupun tidur kembali setelah terbangun di malam hari. Penyebabnya bisa karena penyakit atau kondisi medis tertentu dan gangguan psikologis.

Insomnia atau susah tidur tidak hanya meliputi kesulitan untuk tidur, tetapi juga kesulitan untuk tetap tertidur maupun untuk tidur kembali setelah terbangun di malam hari. Umumnya penyebab susah tidur adalah karena kejadian traumatis atau stres.

Badan yang terasa berat karena kurang tidur bisa membuat Anda lebih gampang kecapekan. Akumulasi dari kombinasi stres fisik karena badan yang lelah dan stres emosional dari aktivitas harian yang ditambah dengan stres karena Anda merasa tidak kunjung bisa tidur yang kemudian membuat waktu tidur Anda makin berkurang, bisa menyebabkan Anda jadi sulit tidur malam.

BACA JUGA : Berapa Kali Berhubungan Seks dalam Seminggu Agar Tetap Intim

Susah tidur malam karena gangguan kelenjar adrenalin
Jika pola tidur Anda sudah baik namun masih sering susah tidur malam karena badan kelelahan, ini mungkin tandanya tubuh Anda mengalami kekurangan hormon kortisol. Gangguan atau kerusakan pada kelenjar adrenal dapat menyebabkan hal ini.

Hormon kortisol berperan meningkatkan kadar gula dalam darah, menekan kerja sistem imun, meningkatkan metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat, serta membantu mengatur metabolisme dan jam biologis tubuh.

Gangguan pada kelenjar adrenal dapat menyebabkan sistem imun malah melemah ketika stres datang menghampiri. Pada akhirnya, ketidakseimbangan kadar kortisol dalam tubuh mengacak-acak jam biologis tubuh Anda.

Normalnya, pada pagi hari kadar kortisol akan meningkat namun dan semakin menurun ketika malam hari sehingga membuat kita tertidur. Namun, jika Anda memiliki gangguan kelenjar adrenal, yang terjadi bisa sebaliknya—hormon kortisol meningkat pada malam hari sehingga Anda jadi lebih gelisah dan mengalami insomnia pada malam hari.

BACA JUGA : Manfaat Berhubungan Seks Sebelum Tidur di Malam Hari

Selain itu, gangguan kelenjar adrenalin bisa menyebabkan Anda mengalami sindrom kelelahan kronis, yang bisa memperburuk keluhan sulit tidur malam Anda. Seperti yang telah dijelaskan di atas, akumulasi dari stres fisik dan emosional yang Anda hadapi sehari-hari dapat membuat tubuh semakin rentan kecapekan dan akhirnya drop. Pada akhirnya, ini membuat Anda sulit tidur malam setiap hari.

Beberapa gejala gangguan kelenjar adrenal adalah:

  • Kelelahan kronis
  • Pegal-pegal
  • Berat badan menurun karena kehilangan nafsu makan
  • Tekanan darah rendah
  • Rambut rontok
  • Warna kulit menjadi lebih gelap,
  • Gangguan pencernaan, seperti sakit perut, muntah diare, dan mual

BACA JUGA : Jangan Di Tahan, 5 Manfaat Menangis Untuk Kesehatan

Mulailah memperbaiki pola tidur Anda dari sekarang
Jika ini yang Anda alami, Anda bisa memperbaiki pola tidur Anda mulai dari sekarang. Tidur adalah kegiatan yang penting dilakukan untuk mengistirahatkan semua organ tubuh yang sibuk bekerja tanpa henti selama seharian tadi. Dengan mendapatkan tidur yang cukup setiap malam, Anda bisa kembali bugar setelah bangun tidur keesokan paginya. Tubuh yang bugar tentu akan lebih tahan banting terhadap serangan stres, baik secara fisik maupun emosional.

Langkah-langkah sederhana berikut ini dapat membantu Anda memperbaiki pola tidur menjadi lebih baik.

Singkirkan benda-benda yang mengganggu tidur Anda. Bila Anda berpikir bahwa menonton TV sambil tidur membuat tubuh Anda rileks, atau bermain ponsel dapat membuat Anda terlelap. Sebaiknya segara matikan TV dan jauhi ponsel Anda. Sebab cahaya dari benda-benda tersebut menghambat produksi melatonin yang membuat Anda mengantuk dan tidur. Mematikan lampu membantu respon tubuh untuk memproduksi melatonin lebih cepat sehingga Anda lebih cepat terlelap.

Perbaiki dan konsisten terhadap waktu tidur. Membiasakan diri tidur dan bangun di jam yang sama membuat ritme sirkadian dalam tubuh Anda kembali normal. Ritme sirkadian merupakan ‘jam tubuh’ yang mengatur waktu siang dan malam, suhu tubuh, dan detak jantung.

Hindari nikotin dan kafein. Kedua zat ini membuat Anda sulit untuk tidur bila dikonsumsi setidaknya 5 jam sebelum waktu tidur.

BACA JUGA : Penyebab Susah Tidur atau Insomnia Meski Tubuh Lelah

Editor: Reza
    Bagikan:  


Berita Terkait